Monday, June 04, 2007

Masjid di Hamburg


Kehidupan beragama di Jerman bisa dibilang adalah hal privat bagi setiap orang. Sebagian besar orang Jerman menghormati setiap orang, baik yang memilih salah satu agama ataupun tak beragama sekalipun :D Selama 7 tahun di Hamburg ini, alhamdulillah tak ada satu hambatan pun bagi saya dalam melakukan kegiatan beragama, termasuk pemakaian jilbab, saat berpuasa, meliburkan diri saat ada acara sholat Ied, dan sebagainya.., baik di Institut maupun di asrama mahasiswa dulu, maupun di sekitar Wohnung tempat tinggal kami sekarang.

Kalau cerita kilas balik... tahun 2000 saat pertama kali saya ke Institut, banyak mata memandang... hehe bukan karena saya menarik, tapi tatapan heran dan penuh tanya itu jelas terlihat. Beberapa orang bertanya kenapa berpuasa, bagaimana berpuasa di musim panas, atau pertanyaan-pertanyaan sederhana... "Apa gak panas tuh pakai jilbab musim panas?" atau "Apa perempuan muslim boleh kuliah sampai tingkat tinggi? Sepertinya di Arab tidak ada lho peneliti wanita. Mereka kan tidak boleh keluar rumah toh?" hehehe.... Lepas dari semua pertanyaan dan keheranan mereka, yang saya salut adalah keterbukaan mereka menerima itu sepenuhnya hak pribadi saya.

Si professor yang baik hati, memberi saya ruangan sebesar 4x5m (dua kali luas kamar saya di asrama saat itu hihi...) dengan alasan... "Kamu perlu ruang kerja sendiri sehingga waktu sholatmu tak terganggu". Lho... saat pertama mendengar pernyataan itu saya yang terheran-heran dan kagum juga. Padahal saya sholat bisa cuma di belakang meja sendiri juga. Begitu pula saat survei ikut kapal ke Atlantik Utara 2001, sengaja saya dikasih kamar sendiri di kapal surveinya. Keren kan...? hehe... Atau saat sebelum Lebaran saya sudah minta ijin terlebih dahulu untuk libur.

Namun, bagi orang muslim yang tinggal di negara-negara non-muslim seperti Jerman ini kangen akan masjid itu benar-benar terasa. Jangan berharap saat subuh mendengar adzan dari masjid. Jangan berharap mendengar takbir malam menjelang lebaran. Saya ingat tahun 2001 saat malam lebaran saya masih kerja di Institut, mbak Rini menelpon saya dari konsulat RI yang saat itu mengadakan takbiran, menelpon bukan untuk ngomong sesuatu, tapi membiarkan saya mendengar suara takbir yang berlangsung. Terharu saat itu.... Sekarang-sekarang kami punya gema takbir yang bisa dipasang online semalaman di komputer.

Kembali ke masjid... kesulitan utama adalah ijin membangun suatu bangunan membentuk masjid. Sampai saat ini masjid-masjid yang ada di Hamburg ini masih berupa ruangan besar yang ijinnya adalah berfungsi sebagai masjid. Foto di atas adalah satu-satunya masjid di Hamburg saat ini yang bangunannya 'mirip' masjid. Tanda kutip berarti masih mirip ya... belum seperti masjid-masjid di Indonesia atau di negara-negara muslim lainnya.

Berbicara fungsi masjid..., saat ini sekolah tak resmi "TQ Anak Sholeh Hamburg" mengadakan kegiatannya setiap hari Sabtu jam 9-11 siang di Masjid Indonesia. Walaupun demikian bukan berbentuk masjid, namun ruangan luas dan beberapa kamar yang difungsikan sebagai ruang kelas. Jumlah santri-nya... boleh dibilang berkembang pesat mulai dari 6 orang saat didirikan tahun 1998 menjadi 60 orang tahun ini. Ke-60 santri ini dibagi dalam 6 kelompok; yaitu Remaja putra-putri, TPA putra-putri, dan TKA putra-putri, berdasarkan umurnya masing-masing lebih dari 12 tahun, 8-12 tahun, dan 4-8 tahun.

Kalau ada yang berkesempatan ke Hamburg, coba datang ke Masjid Indonesia hari Sabtu sekitar jam 11.30 dimana semua anak-anak sudah datang, kegiatan belajar mengajar mulai berlangsung... subhanallah... indahnya anak-anak kecil menyebutkan rukun iman bersama-sama, mendengarkan anak-anak santri TPA menghafalkan surat-surat pendek Al Quran, atau mendengarkan yang remaja tadarusan Al-Quran. Saat-saat itu adalah paling menyentuh bagi saya .. membayangkan pentingnya sebuah masjid.

Salut juga buat anak-anak itu yang selalu datang.. walaupun awalnya semangatnya dengan tujuan bertemu teman-teman Indonesianya, tapi mereka semangat juga belajar membaca Al Quran dan belajar tentang Islam. Salut buat para pengajarnya yang tidak dibayar, semangatnya meluangkan waktu demi iman anak-anak semua. Semoga Allah membalas semuanya.

Labels:

10 Comments:

At 1:47 AM, Anonymous Anonymous said...

put..mesjid di hamburg termasuk bagus tuh..di cork lebih menyedihkan lagi.sementara kita pake gudang yg disulap jadi mesjid..denger2 sih duit yg terkumpul udah cukup cuma izinnya belum tembus2...mudah2an seceptnya yah....

 
At 2:09 AM, Anonymous Anonymous said...

iya mbak put.. terimakasihku yang tak terhingga untuk para pengajar yang tulus ikhlas dan tanpa pamrih dalam mendidik anak2.. Luar biasa pengorbanan mereka... Kiranya hanya Allah yang bisa membalas budi baiknya..

nug

 
At 11:26 AM, Anonymous Anonymous said...

masjidnya bagus sekali mbak...
dulu pas aku di Reutlingen, jarang ke masjid. kangennya dipuas2in kalo pengajian di Stuttgart sebulan sekali :D

 
At 12:11 PM, Anonymous Anonymous said...

tapi yang beragama islam itu sedikit kan put ? ngga seperti negara indonesia atau malay...?

***bayangin ? gimana kalau sholat jumat ama taraweh yah ???*** pasti susah deh.. ( jauhh )

 
At 1:15 PM, Blogger Ica Dimyati said...

iya bener mba put..emang berasa bener deh kangen mesjidnya klo dluar , apalagi klo pas takbiran huhu rasanya liat pesawat bawaanya pengen ikuttttttt

 
At 2:21 PM, Anonymous Anonymous said...

asyik ya ada TPA di hamburg. nienke pasti senang kl bisa les agama dan ngaji disitu.

di deket rumah bakalan dibangun mesjid turkie. deket rumah2 belanda totok. mereka sangat ketakutan harga rumah turun krn dekte mesjid, jadi salah satu jalan disitu, semua house for sale. dan blom ada yg laku.

marco kl pas di nwegein, jumatannya di ruangan kecil, lantai di salah satu gudang di pertokoan. ruangnya sempit,dan gundul.

tiap kali marco jumatan pindah2 mesjid, dia suka sedih banged ngeliat kondisi mesjid. abis parah deh "mesjid"nya. gak ada apa2nya. kl letaknya gak didaerah model bronx ya di atas gudang pertokoan. bandingkan ama mesjid di indo yg bagus2. abis di balnda gak ada subsidi untuk bangun mesjid, wl umat islam disini 1 jt snediri.

yg bagus tuh mesjid indnesia al hikmah di den haag.

marco blg, kl orang indo or arab muslim, org barat gak masalah. tp kl orang europe sendiri yg convert, duh duh.. serangan kiri-kanan dah. katanya penghianat bangsalah, crazylah, dll dll. banyak yg dicela orang yg convert disini. jd kl mo jd muslim di blanda tuh, siap2 dikucilkan teman/keluarga/dll/. bener2 harus kuat mental.

inot

 
At 5:08 PM, Blogger mom4kids said...

baik sekali ya Mbak Put professornya itu , sampai segitu perhatiannya ...bener2 patut di acungi jempol ...

sebuah toleransi yang luar biasa , terharu mbak

 
At 12:07 PM, Anonymous Anonymous said...

Iya Mbak, Profesornya baik banget deh!

 
At 10:46 AM, Blogger chenlina said...

chenlina20160223
louis vuitton outlet
jordans for sale
air max 90
michael kors outlet online
louis vuitton
tiffany and co
true religion outlet
louis vuitton handbags
ugg boots
celine outlet
coach outlet
canada goose jackets
kate spade handbags
ralph lauren uk
air max 95
ralph lauren outlet
coach outlet
ray ban sunglasses
coach outlet store
abercrombie outlet
ralph lauren uk
abercrombie and fitch
louis vuitton
uggs outlet
louboutin pas cher
louis vuitton
adidas superstars
louis vuitton outlet
michael kors outlet
toms shoes
louis vuitton
coach outlet store online
tod's shoes
pandora outlet
abercrombie & fitch
polo ralph lauren outlet
louis vuitton outlet online
ugg outlet
coach outlet store online
ugg boots
as

 
At 8:51 AM, Blogger jeje said...

pandora jewelry outlet
longchamp handbags
canada goose uk
golden goose shoes
pandora charms
jordans
christian louboutin shoes
pandora
coach outlet online
ferragamo outlet

 

Post a Comment

<< Home