Wednesday, January 03, 2007

Tentang Alam ...

Pagi-pagi saya dibangunkan oleh nada getar telpon hp. Kaget... karena Bilah sedang menginap dirumah mbak Dewi malam ini. Jadi kuatir ada apa-apa. Ternyata bukan dari mbak Dewi, tapi dari teman di Indonesia. Boss yang satu ini, MT, dah sering juga menghubungi saya kapan aja. Cuma ya... jarang-jarang bangunin selagi tidur gini.

MT : assalamu'alaikum..
PTR : waalaikumsalam. ya mas... ada apa?
MT : gimana cuaca ke Manado - Ternate - Buli? Lihatin..kasih info dong. Ini MT mau ke Makassar, tapi penerbangan ditunda, turun di Balikpapan. Baca sms saya gak? (suaranya buru-buru dan gelisah)
PTR : hah? apaan mas? sms? oo..belum..belum baca. (sambil ngantuk :D)
MT : Eh.. masih tidur ya? Maaf.. baca dulu deh sms saya.

Langsung deh kebangun. Lihat di layar hp ada 2x telpon tapi tidak saya terima, dan 1 sms 'sedang banyak badai ya di Indo. MT sedang di Balikpapan, kayaknya gak bs ke Makassar, katanya ada isobel. Kasih info cuaca ke Manado - Ternate dong. Bisa telpon gak sekarang?'. Setelah 'ngeh' bacanya... saya balas singkat 'Bentar ya ...saya buka komputer dulu. Ntar saya kasih infonya.'

Jujurnya saya juga gak tahu harus dicari dimana info wetter tentang Indonesia. Tapi saya bangun dan nyalain komputer juga buat dia. Hmmm beruntung teman yang bidangnya meteorologi (ME) sedang online di YM. Langsung sapa aja... 'ME ... minta info satelit cuaca di Indonesia dong... Analisa sekalian ya.. buat penerbangan.' Bersyukur lho punya banyak teman. Saya selalu menghargai semua kemampuan masing-masing teman saya. Tiap orang punya kemampuannya sendiri-sendiri, kalau kita banyak teman, banyak yang mendukung kita.

Setelah diskusi sebentar dengan ME, saya bisa menghubungi MT lagi dan menjelaskan tentang cuaca hari ini di route perjalanannya. Hmmm... info satelit perlu dilink buat yang akan datang nih.

>>><<<

Malamnya mbak Dina sms, bilang kalau suaminya (kakak saya ke-2) dan Fajar sedang di Bali sementara pelayaran ke pulau Jawa sedang rawan, gelombang tinggi. Bagaimana ini?

Mas Is (kakak pertama) dan keluarganya juga akan ke Palembang... Ada info prediksi cuaca gak? Gitu smsnya..

Ya.. Insya Allah besok lebih cerah kok. Jadinya saya ngintip hehe.. cari info terus nih disini. Barangkali ada yang perlu info cuaca bisa diintip di gambar satelit itu. Di-update per jam, dengan beda waktu GMT +8.

<<<>>>


Begitulah alam... Kita, orang awam, bahkan para peneliti sekalipun tidak akan dapat berbuat banyak menghadapi tingkah laku alam. Menurut saya, si alam ini adalah mutlak milik-Nya. Hal yang dapat kita lakukan adalah belajar mengenal alam dan selalu mencoba bersahabat dengan si alam ini.

Bagaimana caranya? Kalau ada pepatah... tak kenal maka tak sayang... seperti itu jugalah harusnya kita menghadapi alam. Kenalilah alam... pelajarilah tentangnya, perhatikanlah tingkah laku dan karakteristiknya..., mencobalah menyayanginya... Dan saat terakhir jika kita telah melakukan segalanya untuk si alam ini... pasrahkan dan tawakkallah kepada pemiliknya.


2 Comments:

At 9:46 AM, Blogger ira i said...

Bener Mbak, di Indo cuacanya lg gak bersahabat. Belakangan banyak banget kejadian kecelakaan.

 
At 6:15 PM, Anonymous Anonymous said...

halo..salam kenal nih..baru belagar nge blog nih

 

Post a Comment

<< Home