Friday, August 31, 2007

Bahasa-bahasa

Makasih buat teman-teman yang sudah mampir ;) Walaupun update blognya jarang-jarang, Insya Allah masih akan cerita-cerita 'menikmati kehidupan' di Bandung ;)

Cerita tentang hidup baru di Bandung ... hihi... sampai seminggu ini saya belum bisa menemukan cara pengaturan waktu yang tepat hehehe.. Berangkat pagi naik angkot ke sekolah Bilah kadang 30 menit, kadang bisa 45 menit, eh... kadang 20 menit juga udah sampai ke sekolah hihi.. Walaupun belum pernah telat (moga-moga gak sampai ketelatan), tapi Bilah suka marah kalau kepagian sampai sekolah, masih sepi ...hehe..

Bangun tidur juga gitu... subuh sekitar jam 4.30, kadang jam 4 saya sudah kebangun... kok masih sepi ya? tidur lagi.. eh tahu-tahu udah jam 5.30 haha...

Oh ya, ngasih kuliah juga sudah berjalan... menyiapkan perkuliahan 1 jam.. kadang materi yang saya tulis cukup, kadang kurang... huaaahhhh... panik deh hehe..

Begitulah jadi sepertinya belum bisa mengatur waktu dengan baik.. ;)

Kembali ke cerita tentang si cantik..., dia sudah mulai sekolah di sekolah yang yayasannya kerjasama antara Indonesia-Turki. Dengan bilingual bahasa Inggris-Indonesia. Mata pelajaran bahasa Inggris, matematika, dan science diajarkan dalam bahasa Inggris, termasuk buku dan soal-soal ulangannya. Hmm... sebenarnya dibilang bilingual juga tidak tepat karena...hmmm lebih dari 2 bahasa hehehe... Di dinding sekolahnya ada tulisan Senin, Selasa, dan Kamis adalah English-day... Semua pelajaran diberikan dalam bahasa Inggris, meskipun pelajaran komputer atau lainnya dengan buku pegangan berbahasa Indonesia, namun pelajaran diberikan dalam bahasa Inggris, demikian juga anak-anak berbahasa Inggris. Hari Rabu... hari berbahasa Sunda...hehehehe... kebayang Bilah nggak ngomong seharian kali ya.. hahahah... tapi ternyata banyak juga teman-temannya yang gak bisa bahasa Sunda, jadi kemana-mana bawa catatan atau baca catatan di papan tulis hihi... Hari Jumat... hari berbahasa Indonesia ;)

Waktu Bilah daftar ke Helene-Lange-Gymnasium di Hamburg, dia memilih bahasa Perancis sebagai bahasa asing ke-2 (untuk dia ke-3) untuk di kelas 6 nantinya. Namun, sekarang... di Bandung, kelas 5, si cantik ini belajar bahasa Asing ke-3 nya adalah Bahasa Turki... hihi... jadi ingat di Veddel, dimana teman-teman sekelasnya banyak orang Turki. Bilah semangat sekali belajar bahasa Turki hihi...

Hmm... sekarang dia sudah mulai terbiasa dengan bahasa Inggris, belajar bahasa Turki, belajar bahasa Sunda, dan tentunya belajar lagi.. bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu. Lepas dari semua bahasa yang dia pelajari, setiap hari jika ingin bercerita panjang lebar atau menghafalkan pelajaran berbahasa Inggris.... dia tetap menggunakan bahasa Jerman. Belum lagi suka ikutan berbahasa Jawa di rumah atau bahasa Purwokerto-an nanti kalau pulang ke rumah eyangnya. Saya sampai salut dia bisa membedakan banyak bahasa sekaligus... mungkin masih anak-anak... mungkin juga dia memang berbakat belajar berbagai bahasa... ntahlah...

Hehehe... lepas dari semua itu, alhamdulillah dia menikmati sekali sekolah barunya di Bandung. Alhamdulillah 10 hari di Bandung, kami sudah langsung menikmati hari-hari di Bandung ;)

Labels: ,

12 Comments:

At 1:02 PM, Blogger Retno Prihadana said...

Ternyata Bilah di Ind. malah belajar bahasa Turki ya :). Jadi dunk buka cabang döner Kebabnya hi..hi, khan udah beli panggangannya :)). Raspel Schokoladenya sudah di manfaatkan tuk bikin black forest lho, thx, ya.

 
At 2:01 PM, Anonymous Anonymous said...

Mbak sekolahnya yang deket Aquarius Dago yah? Jadinya keitung SD apa SMP? ..Mas Agus udah dijakarta lagi?

Halah ini nanya cerewed amat yah...atuh biasa cetingg huaaaaaaaaaaaa

Op

 
At 2:53 PM, Blogger Shinta Octaviani said...

Hebring euy......!! Si Cantik bisa cas-cis-cus pake macam-macam bahasa. Good luck ya mbak.... :)

 
At 3:23 AM, Blogger indie said...

Wahhh multilingual si cantik sekarang ya? Mbak Putri, nama sekolahnya apa sih? Kok baru denger yahhh padahal di Bandung. Jadi berminat juga...hihihiy... terima murid sampai usia berapa disana?

ine

 
At 11:16 AM, Anonymous Anonymous said...

ass mba put,waduh lama ga mampir neh ternyata dah plg ke ind ya...senang dunk!!!

oya alhamdulillah dedenya yuta dah lahir tanggal 25 agustus kmrn.namanya Yumi Hanifah Sutopo.alhamdulillah kami dah plg dr RS...emmm tuk cerita lengkapnya liat aja di blog yuta sementara...

ok segitu dulu mba put...

 
At 1:37 AM, Blogger rini said...

alhamdulillah bilah bisa menyesuaikan diri yah..hebat banget deh dia pinter kaya bundanya....

 
At 1:02 AM, Blogger Greiche Gege said...

waah senangnyaaa..
dah makan macem2 dong mbak?

kapan ya kita bisa ketemuan?:)

 
At 9:08 AM, Anonymous Anonymous said...

Mba Muti,

waahh udah pindah aja nih...terakhir baca di blog Lessy sih pas mau berangkat di airport Hamburg...


Alhamdulillah ya semuanya kayakanya berjalan lancar...dr mulai proses kepulangannya smp adaptasi lg di Bandung...


Termasuk jg Bilah...cayyooo!! hebat deh pasti English-nya nih...

 
At 3:11 AM, Anonymous Anonymous said...

wah, hebat bilah...kapan2 kalau aku pulang dan sempet mampir bandung, ketemuan yuk...masih seumuran sama ais kan...

 
At 4:55 PM, Blogger Rich said...

Wah asiik donk Bilah ntar bisa ngomong lebih dari 4 bahasa, hebat deh.... welcome back di bandung


mana coklatnyaaaaaaaa

 
At 8:59 PM, Blogger mom4kids said...

wah kagum mbak si Bilah pinter banget , bisa bahasa segitu banyak .

met berpuasa mbak

susie

 
At 12:06 PM, Anonymous Anonymous said...

Met puasa mbak...

 

Post a Comment

<< Home