Sunday, July 01, 2007

Ada masanya...

Semua itu ada masanya.. waktunya sendiri kapan akan terjadi dan akan dirasakan.

Foto di samping ini si Bilah dan Dinda saat menghadiri acara penutupan tahun ajaran 2006/2007 TQ "Anak Sholeh" Hamburg hari Sabtu, 30 Juni 2007 kemarin. Foto-foto lainnya ada di sini. Lihat foto di samping ini makin sadar dia dah tambah besar. Ada masanya anak-anak tidak mau dipublikasikan atau diceritakan ke orang lain. Protes itu sudah saya terima sejak dia berumur 8 tahun, sehingga semua cerita tentang dia yang akan dipublikasikan di blog ini harus seijin dia.

Hehehe... kalau kita berpikiran 'ah gitu aja kok harus ijin ama anak sih?' Saya tetap menghormati dia punya privacy sendiri, sekalipun anak-anak.

Jadi ingat beberapa hari yang lalu ada teman alumni yang mampir ke blog ini, tapi saat saya akan mampir ke blog dia, ternyata blog-nya di tutup alias harus minta ijin dan diijinkan dulu ama si empunya blog. Trus saya nanya... 'emang ada kasus apa?'. Ternyata ceritanya dia menulis ketidaksukaannya kepada si boss yang kebetulan bule. Uneg-unegnya ditulis dalam bahasa Indonesia, yang dipikir teman saya tidak akan dimengerti si bule, sayangnya... nama si bule ditulis jelas. Eh ntah dari mana si bule tahu, dan diterjemahkanlah blog temen saya itu pakai kamus online biasa. Marahlah si boss yang merasa dikata-katain itu.

Lepas dari semua itu... saya cuma mengingatkannya, juga buat diri sendiri, bahwa bagaimanapun blog itu online, sekali diupload...harus siap bahwa banyak orang bisa saja membaca dan mengetahuinya. Jadi kalau memang itu privacy seseorang sebaiknya meminta ijin terlebih dahulu.. Hmmm .. kalau mau ngrasani ya... sebaiknya disamarkan hihihi...

=== @@@ ===

Ada yang nanya ke saya, senang atau tidak mau mudik ke Indonesia? Hmmm... sepertinya buat saya biasa saja. Mau disana dan disini sama-sama senang aja, apalagi keluarga ada di dekat. Walaupun demikian, saya sempat nangis juga hari Sabtu kemarin, lantaran tiba-tiba mbak Dewi mengadakan acara perpisahan di mesjid Indonesia. Saya sama sekali tidak tahu sebelumnya. Jadi bingung harus ngomong apa. Nangis sedih atau terharu ya? Sepertinya terharu aja... Moga-moga sih nanti pas terbang gak ada tangisan lagi hihi... Ntah kenapa saya suka ingin ikut nangis kalau ada orang bersedih buat saya. Jadi baiknya orang yang nganter selalu senyum biar saya juga tidak ikut bersedih nanti ya... (hihi.. kayak ada yang mau nganter aja ya? hehehe.. *GR* duluan)

Buat si Bilah... dibilang sedih .. sudah pasti. Tapi sepertinya dia dah mengerti betul keputusan yang kami ambil sekarang. Kalau boleh milih, pasti dia milih tidak ingin kembali ke Indonesia :D Jadi ingat kata-kata mbak Lela dan mas Nandy dulu... "Jerman itu sorga buat anak-anak". Mulai sekolahnya santai dan isinya bermain dan bermain.. tempat bermain banyak.. fasilitas buat anak banyak... tunjangan buat anak juga banyak (walaupun sekarang sudah berkurang).

Na ja... tapi hidup kan harus terus dijalani ya... Insya Allah ini yang terbaik.


Labels: ,

11 Comments:

At 6:00 AM, Anonymous Anonymous said...

amien , semoga yang terbaik mbak

 
At 8:12 AM, Anonymous Anonymous said...

temenmu itu namanya apes put

ya kalau ngeblog ya harus siap. siap dikritik, siap dicela, siap dimaki.

tap[i kalau yang kritik bos. bisa dikasih SP2 hahaha

 
At 4:42 PM, Blogger Shinta Octaviani said...

Pepatah bilang, biarpun hujan emas di negeri orang lebih baik hujan batu di negeri sendiri.

Idealnya sih, hujan emas di negeri sendiri ya?! :D

 
At 5:33 AM, Anonymous Anonymous said...

putri, dimanapun kita berpijak, harus dinikmati. nasibnya sama nih kita ya....harus melihat anak berjuang untuk beradaptasi di lingkungan baru. kalo kita orang tuanya sih, enjoy2 aja. goodluck ya.....

 
At 7:50 AM, Anonymous Anonymous said...

Kapan nih mba, mo balik ke Indonesianya?

Bahasa vietnam itu ya bhs vietnam, kalo org vietnamnya sendiri bilang Tieng Viet...

 
At 7:37 PM, Blogger Unknown said...

mbak mutiara sudah mau pulang ke indonesia?

bener mbak, musti hati-hati untuk membicarakan perihal anak ke orang lain. saya sampai sekarang sering kesel kalo ibu saya cerita segala macam soal saya, hehehehe...

 
At 11:12 PM, Blogger Bundanya Tiara said...

iya bener mba, nulis blog harus ati2 banget ya.....jadi keingetin..........btw, iyalah mudh2n pindahannya mba putri yang terbaik. Kalo aku pulang pun pasti sedih soalnya disini kan gimanapun kita udah terbiasa, tapi pulang ke ind juga asik, soalnya deket ma keluarga..mudah2an bilah adaptasinya cepet.......amin...

 
At 12:22 AM, Anonymous Anonymous said...

penyesuaian lagi buat Bilah ya...take one day at a time ya say...

 
At 2:04 AM, Blogger rini said...

selamet jalan mbak..semoga semuanya selamat yah...

 
At 2:25 AM, Blogger Hani said...

wah mbak, aku aja yang Insya Allah baru selesai sekolah tahun depan, mulai sekarang udah ditanya anak2, sekolahnya ga bisa diperpanjang ampe 5 tahun lagi ya...hehehe

semoga bilah bisa belajar melalui tahapan2 kehidupannya dengan baik ya mbak :)

 
At 9:50 AM, Anonymous Anonymous said...

amin.. amin..

tapi iya ya mbak, anak juga harus dihormati keinginannya. aku selama ini sih selalu berusaha nulis yang ga akan memalukan Naila kalau dia besar nanti. yaa.. sebatas kebiasan2 khas anak2 sih mungkin gapapa :)

 

Post a Comment

<< Home