Wednesday, February 28, 2007

Menjelang 7 tahun (2)

Teman

Kilas balik dikit... saya belum pernah pergi jauh sebelumnya. Paling jauh dari Jombang ke Jakarta :D Beberapa bulan sebelum terbang, banyak pertanyaan muncul di kepala, banyak kekuatiran hehehe.. Kalau ingat itu sekarang bisa ketawa, tapi waktu itu bikin panik dikit. Pertanyaan yang sering saya ajukan ke si dia ini adalah gimana sih terbang, gimana di pesawat nanti, harus gimana ini itu, gimana sampai di bandara. Trus website bandara Frankfurt dilihat tiap saat bisa buka internet, dipelajari walaupun gak ngerti haha... Mas Agus sampai bilang percuma deh dilihat-lihat terus, ntar diikuti aja. Bener ternyata pendapatnya untuk orang yang pertama kali terbang, enakan diikuti aja lah alurnya :D

Pertanyaan berikutnya adalah kekuatiran nanti tinggal di Jerman. Kalau kehabisan uang gimana ya? Ngutang ke siapa? hahahaha... yang dipikirin pertama ngutang kesiapa kalau gak punya duit? Tapi serius itu pertanyaan yang muncul karena saya merasa gak punya siapa-siapa di Jerman. Kontak pertama yang saya lakukan adalah ke Mas Abe yang saat itu sedang kuliah di Bremen, kota tujuan saya pertama nantinya. Hmm... mas Abe ini dah jadi boss juga sekarang di Dikti ;) ntah baca atau ada yang kenal... gak apa-apa lah ya diceritakan :D

Banyak teman banyak saudara. Itu yang pertama saya rasakan sesampainya di Jerman. Perjalanan dengan 4 orang bapak-bapak yang lain cukup menyenangkan. Sesampai di Bremen, mas Abe jemput kami dengan tiga orang student lainnya. Mereka bantuin kami mengurus segala keperluan di Goethe Institut Bremen. Makasih buat Ichwan, Yasman, dan mas Abe... duhh kangen semua nih. Banyak banget kenangan di Bremen. Sayangnya.... saya belum bisa mengumpulkan foto-foto selama di Bremen ini.

Selama 4 bulan di Bremen pekerjaan saya hanya kursus bahasa, dan sore hingga malam nongkrong di komputer hall Uni Bremen buat chatting ama si dia yang selalu nginap di kantornya hihi.. Jujur ini pertama kali saya chatting. Kenal chatting sih sudah sejak masih di Bandung, tapi saya beranggapan kurang kerjaan aja ngobrol via chatting. Nah berhubung jauhan sama suami, belajarlah buat chatting. Eh kok sekarang jadi keterusan ya hahaha... Kalau hari Sabtu/Minggu karena dia ke Bandung, kalau tidak ada acara jalan-jalan saya suka chatting ama Muslim namanya dulu di Denver. Rumahnya di Bogor.. apa kabarnya ya? Setelah balik ke Bogor jarang lagi kami berhubungan sekalipun via email. Kalau yang bersangkutan baca, atau ada yang kenal dia... salam saya buat Muslim dan keluarganya. Kenangan terindah jadi banyak teman.

Masih cerita tentang teman.... pernah suatu hari pak Joko, salah seorang dari kami tiba-tiba mengalami bengkak kaki. Duhh gak tahu kenapa tuh pak ya? Pokoknya kami ber-5 panik. Sama-sama belum tahu gimana caranya pakai asuransi, gimana ke dokter, gimana ke rumah sakit? Malam itu... masih ingat dibawah sinar bulan purnama, melalui kebun bunga rumah sakit hahaha.. pokoknya serasa romantis deh, kami mengantar pak Joko ke rumah sakit dibelakang asrama Goethe. Tahu naik apa? Naik sepeda puntho yang kuno itu lho... hihi.. trus dia duduk di sadel kayak anak kecil, di kiri dipegang pak Semmy, dikanan dipegang pak Ari, dan saya mengikuti di belakangnya. Kami bersama-sama mengantarnya ke rumah sakit dan menungguinya hingga tengah malam. Hehehehe.... pengalamanan paling mengesankan selama di Bremen. Mengesankan karena... terharu juga... begitu berartinya teman.

Alhamdulillah perkara utang, ternyata saya tidak harus mengalami utang ke siapa. Kekuatiran itu pernah muncul sekali selama di Hamburg, tapi itupun tak lama dan tak pernah terulang dan semoga tidak pernah ngutang :D Kalau diutangin teman? Pernah... beberapa kali dan alhamdulillah kembali.


Labels:

4 Comments:

At 7:08 PM, Anonymous Anonymous said...

wah kalo gitu saya mo ngutang deh disini...ntar lunas kalo dah nyampe di bandung :D

 
At 4:14 AM, Blogger indie said...

Kalau ingat kenangan dulu, pikiran suka rada trenyuh dan kalau aku sih jadi mensukuri nikmat yang aku terima hari ini. Waktu pertama kali aku berangkat ke Jerman juga sama,mbak. Lebih gak ngerti apa-apa, tapi bandara yang dipelajari bukan Frankfurt tapi Cengkareng, aneh kan hihihi.. Soalnya kan itu kali aku pertama ke luar negeri jadi gak ngerti gimana mesti ngasih bagasi, gimana dan dimana mesti check in, di imigrasi, bayar fiscal, boarding.. segitunya yahhh.Minta contekan lw email sama teman yang udah di luar negeri gimana cara check in dan boarding hihi... tp dia mesti sumpah2 dulu gak akan pernah bilang ke orang lain. Ini kok malah aku yang bocorin yahhh. Tapi senang sih kalau ingat zaman dulu.

ine

 
At 4:05 PM, Anonymous Anonymous said...

bagiku teman sehati sama saja dg saudara :)

 
At 2:14 AM, Anonymous Anonymous said...

Jadi inget dulu waktu baru baru di Hamburg...rumah pertama yang di sambangin ya rumah mbak Muti n mas Agus di Veddel...:D

 

Post a Comment

<< Home