Monday, July 17, 2006

Kekeluargaan

Kekeluargaan orang Indonesia di luar negeri memang bisa dibilang bisa tiba-tiba teman menjadi keluarga sendiri. Walaupun tidak selalu, ada juga yang suka ngiri, suka nggossip, dan lain-lain. Alhamdulillah selama ini yang saya alami semua teman menjadi 'keluarga'.

Tahun-tahun saya masih sendiri di Hamburg, pernah beberapa kali saya ke rumah mas N, yang dosen UI ini. Kami kenal juga di Hamburg sini. Kalau ke rumah beliau ini di akhir pekan, sering disuguhin empek-empek yang enak... banget atau pecel lele buatannya sendiri. Saat itu anak-anaknya masih kecil-kecil tiga orang cewek. Tinggalnya di daerah Rahlstedt. Setelah lulus tahun 2002, beliau kembali mengabdi di Indonesia.

Dua bulan lalu, tiba-tiba beliau menghubungi saya. Minta tolong dibuatkan undangan visa untuk istri dan 4 anaknya. Oh ya... anaknya sudah tambah satu, dan karena hamilnya saat masih di Rahlstedt, anak keempatnya ini diberi nama Rahlstedtia. Hihi... rupanya mengenang saat-saat terakhir mereka tinggal di sana. Dengan senang hati saya buatkan undangannya. Alhamdulillah dengan mudah saya dapatkan untuk istri dan 4 orang anaknya.

Rupanya sebelumnya dia sempat minta tolong ke salah seorang ibu di Hamburg sini, dan si ibu ini tidak bisa mendapatkan undangan untuk mereka. 'Susah sekarang mengundang orang ke sini... Petugas banyak maunya' begitu gerutunya. 'Lho... saya bisa tuh mengundang mereka', jawab saya gitu. Eh si ibu ini makin banyak nanya 'Kok bisa? Rumah kalian kan kecil. Kok bisa kamu mengundang istri dan 4 anaknya? Harusnya gak boleh tuh'. Hihihi... kok ngiri gitu kesannya ya. Saya jawab, 'Wah ... saya gak kepikir tuh rumah saya kecil, wong niatnya nolong bikin undangan buat visa, ya udah itu aja'. Hehehe... saya juga baru ingat bahwa rumah kami tuh kecil, sementara di Jerman tiap kepala dihitung 12m² untuk tempat tinggalnya.

Ah ya... emang rejeki mereka kali ya. Cuma gitu aja dalam hati saya. Singkat cerita akhirnya bulan ini mereka sekeluarga di Jerman. Eh ternyata bukan cuma sekeluarga, tapi juga ama ortu (bapak & ibu) mbak L istrinya mas N dan satu keponakan. Dan... 2 hari lalu mas N bilang mau ke Hamburg, nginap semalam dirumah. Duhh... 'Berenam nih mas nginepnya dirumah saya?' saya nanya dengan sedikit terbayang... kami gak punya banyak kasur, kasihan juga anak-anaknya kalau tidur di karpet doang, walaupun ya musim panas. 'Bersembilan Mut, karena ortu dan ponakan pengin ikut', itu jawaban mas N. Hah.... 9 orang + kami bertiga = 12 orang dalam rumah sempit kami????

Waduh.. bukan kami gak mau terima, cuma ya emang rumah kami sempit. Itu alasan saya awalnya. Tapi mas N bilang gak apa-apa cuma semalam, gak usah kasur gak apa-apa. Yaa akhirnya pasrah tapi ya masih was-was.

Alhamdulillah... semalam mereka akhirnya tidur dirumah kami. Berdua belas orang dalam semalam dirumah kecil ini. Alhamdulillah... rupanya semua dilapangkan oleh-Nya tanpa saya sadari, juga makanan yang saya siapkan dicukupkan dan disukai mereka. *Terharu*

Inilah keluarga besar kami.....

6 Comments:

At 9:39 AM, Anonymous Anonymous said...

iya Mbak, setuju banget... kalo lagi jauh dari rumah, tetangga jadi keluarga terdekat ya :)

 
At 3:17 PM, Blogger Unknown said...

Waduh kebayang repotnya meladeni 12 orang sekaligus. Aku gak sanggup deh - bravo buatmu Put. Memang kalau mengerjakan sesuatu dengan hati lapang, segalanya jadi lebih mudah.

 
At 4:57 PM, Blogger si inot said...

kl ikhlas biasanya lancar mbak put. lagian mas N jg cuam semalam ya.. jd bener2 ndak mau ngerepotin. kl seminggu gitu ya pingsan..

di blanda kita cuma bisa ngundang maks. 2 orang saja lo.

emang rezekinya kel. N.

 
At 8:44 AM, Blogger Noenoe said...

alhamdulillah ya mbak,..semoga allah SWT membalas kebaikan & keikhlasan mbak putri sekeluarga.
btw,..kapan "ngundang"saya?

 
At 11:43 AM, Blogger putri said...

Emang sih.. tinggal capeknya hehehe...

buat mbak Noenoe... ayo kapan mau kesini?

Boleh kok buat temen2 kalau ada yang mau main ke Hamburg. Dibikinin sate deh *kesukaan Nienke* juga ;)

 
At 11:10 PM, Blogger frufundersam said...

mamaku pernah bilang mbak. yg penting hatinya lapang krn rumah sesempit apapun bisa jadi lapang. yg susah kalo hatinya yg sempit rumah selega apapun mesti rasanya sempit :)

btw saya seringannya satu orang yg nginep. baru aja kemarin nerima salah satu anak kenalan nginep di rumah. seneng deh tapi masih belum kebayang kalo banyak2 krn saya mayan lelet ;)

 

Post a Comment

<< Home