Thursday, March 29, 2007

Rambut Panjang

Model : Ophi & Bilah
Lokasi : Rumah Veddel, 24 Maret 2007
Foto by MB-nya Ophi

Memasuki usia 8 tahun, sepertinya anak-anak mulai menginginkan rambut panjang. Hmm... ntah memang teori atau bukan, kurang tahu juga sih hehehe.. Pengalaman dulu waktu saya kecil juga pengin punya rambut panjang dan memang punya rambut panjang sejak kelas 2 sampai dengan kelas 6 SD. Bahkan sempat ngetop deh di kampung... di Jombang sana :P bukan karena saya-nya cantik, soalnya jaman tahun '80-an itu Chicha Kuswoyo (masih ada yang ingat gak ya?) ngetop jadi penyanyi cilik dengan rambut panjang :D

Begitulah setiap pagi ibu saya harus mengepang rambut saya yang panjang dan tebal. Untungnya lurus, sehingga gak pakai kusut. Itu pun hampir tiap pagi ibu mengomel karena menghabiskan waktu juga sebelum berangkat ke sekolah. Mana rumah saya jauh dari sekolah, perlu waktu hampir 30 menit dengan mobil. Ibu bilang, dengan rambut panjang saya justru tidak konsentrasi belajar, kepala jadi berat, belum lagi perawatan yang ekstra. Walaupun sering mengomel, tapi ibu juga yang dulu suka merawat rambut saya pakai santan, atau lidah buaya, katanya agar rambut indah. Memang indah itu perlu repot mungkin ya hihi.. Begitulah... akhirnya masuk kelas 1 SMP saya potong pendek aja rambut yang sudah panjang lebih dari sepinggang.

Ternyata ada betulnya juga kata-kata ibu... sekali lagi ini bukan teori ya... pengalaman aja... setelah rambut dipotong pendek, mulai SMP prestasi di sekolah meningkat, bahkan sempat dapat juara ke-3 satu SMP itu yang pararel kelasnya sampai 10 kelas. Walaupun cuma juara ke-3, banyak guru-guru SD saya sampai heran dan tidak percaya kalau saya bisa juara di SMP yang ngetop di kota Jombang itu hihi... Nah, tapi kenyataan hehe.. dan saya bukan orang yang ngetop yang dikenal guru saat itu. Tapi ternyata hal ini tidak terjadi ama si cantik, karena prestasinya tetap aja nomor 1 di sekolahnya... hehehe.. emang pinter bawaan kali ya, beda ama ibunya hihiihi...

Kembali ke cerita rambut panjang dan Bilah, sejak kelas 2 SD Bilah pun ingin punya rambut panjang. Saya jadi ingat masa kecil hehe... jadi awalnya saya perbolehkan dia memeliharanya. Ternyata.... muncul masalah... kutu rambut. Gak kebayang awalnya bahwa ada kutu rambut menyerang di Jerman. Tapi nyata... awal sampai akhir musim panas adalah masanya banyak kutu-kutuan termasuk kutu rambut. Tanpa ada alasan lagi.. saya suruh si cantik potong rambut sampai pendek agar mudah membersihkannya. Obat kutu yang di jual di Jerman ternyata kurang ampuh ... akhirnya saya minta beberapa orang yang datang ke Hamburg buat bawa Peditox khusus dari Indonesia dan... ampuhhh... :D

Namun ternyata ada faktor psikologis lain yang terjadi ama si cantik ini. Malam setelah rambutnya dipotong... nangissss... sejadi-jadinya. Marah ... ama ibunya, protes kenapa rambutnya dipotong. Walaupun udah saya bilang karena kutuan, dia tetap aja marah. Hmm... ya memang rasanya gak adil ya.. ( Ingat diri sendiri yang pengin rambut panjang :P )

Setelah 9 tahun, Bilah mulai memelihara rambutnya lagi. Tetap dengan ancaman kalau kena kutu rambut... harus potong lagi hehe... Setahun berlalu melalui musim panas 2006 tanpa kutu.... bahkan persediaan peditox masih ada utuh 3 botol hahaha... Foto diatas saat kunjungan Ophi kemarin, rambutnya udah se dada. Timbul masalah lain lagi.... ketombe. Rambutnya panjang dan tebal (duhh kok sama...), bedanya rambutnya ikal, membuat susah menanganinya. Keramasnya perlu di salon.. tapi kalau ke salon terus ya.. ya..ya.. hehehe.. Selain itu... kusut .. aduh.. pokoknya ribut deh tiap pagi kalau mau ke sekolah ( diprotes ama sang bapak, ibunya gak boleh marah karena dulu juga suka ngributin ibunya sebelum berangkat ke sekolah hehehehe... *kena lagi deh* )

Hari Selasa lalu, sepulang check up ke dokter mata, tiba-tiba dia minta ke salon, merapikan rambutnya agar mudah dirawat dan gak kusut. Lho? Sempat heran, tapi ya saya senang aja. Mau masuk ke salon, dia pegang tangan saya, ragu-ragu. Ya udah kalau ragu, gak usah aja... kata saya. Tapi Bilah masih pengin ke salon. Masuklah kami ke salon di Grindelhof... Saya bilang," Ibu gak mau bilang apa-apa ke tukang potongnya ya. Bilah tentukan sendiri seberapa mau dipotong". Pengalaman dulu dia nangis menyesali rambutnya dipotong malah marah ke saya. Dikeramasin... potong... saya cuma perhatikan dari jauh dari tempat menunggu di salon itu.

Sambil jalan pulang... dia melihat rambutnya di kaca toko yang kami lalui. "Kok pendek ya?" dia mulai gelisah. "Ah.. cuma 2cm lah dipotong, gak kelihatan berubah", kata saya.. Nah tapi ternyata psikologisnya besar juga ke Bilah sendiri. Sampai di halte Veddel, dia minta pakai kaputze (penutup kepala di jaket)...lhaa.. gak hujan gak angin gak mendung, masak pakai kaputze, kan kayak apa sih... , mulai deh ibunya marah hehe.. Dari halte ke rumah dia lari, gak mau ketemu teman yang dikenalnya. Ck..ck.. kata saya, "Siapa sih yang perhatiin?". Dan... malamnya terulang lagi.. si cantik ini menangisss.... karena menyesali rambutnya dipotong hehehe... Heran kan?

Pagi-pagi mau berangkat sekolah, Nathalie datang menjemput. Mulai Bilah gelisah karena rambutnya baru. Malu-malu, dengan senyum-senyum dia menemui Nathalie, eh... si Nathalie gak komentar apa-apa hahaha.. saya bilang "Tuh kan GR, gak kelihatan juga berubah".

Sorenya, saya nanya.. apa ada dikelas yang berkomentar rambutnya dipotong? Jawabnya... "Ternyata gak ada yang tahu kalau rambut Bilah dipotong ya, Bu"

Hehehehe.. begitulah si cantik ini kalau mengalami sesuatu yang berubah pada diri dan lingkungannya. Mungkin juga mulai memasuki masa puber?? Duhh... kok cepat waktu berlalu ya...?

Labels: , ,

23 Comments:

At 2:42 PM, Blogger Ina said...

Waah Bilah dah gede ya, perasaan foto2 kemaren bilah masih kecil. Betul mbak, keknya lagi puber niih.
Seneng ya mbak, kalo anak kita cerda dan juara di kelas :)

 
At 4:55 PM, Anonymous Anonymous said...

Bilah tau kalo rambutnya itu yg bikin dia makin cantik :P, jgn jgn di sekolah dah banyak tuh kecengannya heheheh :P, bu Putri siap siap terima calon mantu ahah

 
At 5:11 PM, Anonymous Anonymous said...

pas kecil aku juga pengen punya rambut panjang kayak chicha. tapi krn rambutku keriting, ga mungkin lah. apalagi mama selalu bilang, rambut panjang ngurusnya susah. nanti aja klo udah gede, bisa urus rambut sendiri, baru panjangin. hueee.. atuuuutt.. mamaku kan galak :D.

dan emang bener sih, setelah gedean, aku hampir ga pernah berambut pendek :D

 
At 5:24 PM, Anonymous Anonymous said...

Huahahha postingannya lucu buangethhh..

Waaahhh tapii tante tauuuuuu pasti Bilah liat tante Ophi rambut pendek, jadi pengen yahh...

ah memang tante ophi role model..
huahahahaha kaburrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr


Tante Düsseldorf

 
At 5:32 PM, Anonymous Anonymous said...

degdegan kalo anak mulai gede ya....:D

 
At 7:01 AM, Blogger Shinta Octaviani said...

Benar mbak Put, si cantik dah mulai masuk masa puber kayaknya. Buktinya, kalo ada perubahan sama dia, dah mulai merasa malu terutama kalo sama teman-teman.

Pengalaman pribadi soalnya... hehehe :D

 
At 10:15 AM, Blogger Bundanya Tiara said...

aduh cantik...kok kaya tante dulu sih...hahaha si tante pengen dibilang cantik juga:P. Aku dulu gitu juga mba, kalo ibuku mau motong rambut, aku bisa nangis sejadi2nya....skr sih aku juga heran sendiri kenapa dulu bisa begitu ya....padahal kadang pendek juga bikin penampilan fresh:-)

 
At 1:21 PM, Blogger indie said...

Wahhh,Bilah cantik emang dan rambutnya juga bagus, hitam-tebal gitu.Pantes aja nangis kalau mau dipotong.Saya juga zaman dulu saat kecil pecinta peditox ;)

 
At 6:50 PM, Blogger si inot said...

wah... puber tuh mbak put.. cantik nian bilah dg rambut panjangnya ya.

di sekolah nien jg slalu cek kutu tiap rabu, 2 minggu sekali. kok banyak kutu ya skrg ini.

makasih doanya ya mbak put. eh, kl liat ophi kayak liat aku mbak put. aku itu mirip bianget sama ophi lo aslinya. sampe kudu nyengir sendiri kl liat fotonya ophi. hihihi.. lha kita dulu dipanggil jg sama, si hetty koes endang. buahaha....

 
At 2:44 AM, Blogger Maeasti said...

si cantik kalo menurut aku mirip ama Sherina waktu dia masi kecil getu dehh....

Iya ga yahhh
Tapi aseli mirip banged hihihihi

Salam kenal yahh Mba buat Bilah :)

 
At 5:46 AM, Blogger Inayah said...

wh aa kita seumuran, gayanya juga hampir sama nih mbak...
Hamamah sampe sekarang gak mau dipotong, maunya cuma diratain aja.
Dasar anak ceweq ya, mau sekolah aja dandannya lammma beeng, padahal baru 8 taun aja.
Kalau dah begini bapaknya suka bilang, dasar anak ceweq...persis banget ma emaknya waktu kecil kali ya..?

bener juga kata misua ya...?

 
At 10:18 AM, Anonymous Anonymous said...

..mbak Muti..hapir sama kek adek gw dulu...saban ke salon bingung mo potong modela apa ato segimana panjangnya..dah kelar di potong malah nangis2 minta dibalikin lagi rambutnya..sampe2 orang salonnya kapok kalo dia nongol lagi..hehehe...sampe sekarang blom brubah tuy..cuma dah ga pake nangis aja..secara rambutnya coklat kemerahan ke rambut jagung geto..orang salon gemes banget mo motongnya...hahaha...

 
At 5:02 AM, Blogger Yulia said...

Put, kalo soal kusut mah gampang atuh..beli creme merk schwarzkopf(bukan conditioner ya), utk anti kusut. Jd tiap Bilah abis keramas, rambutnya di keringin pake handuk aja trus semir pake itu creme. Gw jamin Bilah happyyyyy deh ;).
Kalo gak tau tanya aja ma yg jualan di schlecker atau toko yg sejenis :).

Moga gak bingung lagi sm rambut kusut ;)

 
At 1:55 PM, Blogger Greiche Gege said...

mbak mbak..
musti prepare jadi satpam pake pentungan nih buat jagain Bilah hihihi..
punya anak cantik rada susah looh. soalnya kan bakalan banyak fans2 yg telpon dan berkunjung hihihi

wajahnya Bilah kayak bukan orang Indonesia yah mbak?

 
At 1:49 AM, Blogger L. Pralangga said...

Rambut panjang memang ndah tapi seiring dengan tantangan utk merawatnya.. persis si cantik-kecilku di kampung, rambutnya panjang namun ujung2nya dah pecah belah dua sampai belah tiga deh.. :)

Seneng udh bisa mampir kesini, salam hangat dari Afrika Barat
--------------
PS: Ohya, Warung yang lama ini akhirnya kembali di buka, setelah lama di tinggal mudik.

 
At 10:48 PM, Blogger Sili Frebrian said...

wah..putri, bilah tuh seumur anakku berarti ya? tapi keliatan dewasa banget ya? kelas berapa sekarang?
btw bicara soal kutu, di sekolah anak2 juga rajin tuh dipanggil keruang nurse buat diperiksa kutu. pernah juga ketularan tapi alhamdulillah cepet di basmi blm sampe bersarang banget. ngeri bgt.

 
At 9:43 PM, Anonymous Anonymous said...

mau ngomentarin fotonya Bilah...waahhh keliatan lebih gede dr umurnya yaa...dewasa gitu...tapiiii sampe takjub aku kok oriental bgt kayak org Jepun or Cina gitu...hehehe...senasib deh sama aku...

 
At 9:45 PM, Anonymous Anonymous said...

Waahhhh...keluapaan masukin identitas komen aku di atas...hehehe...

 
At 2:09 PM, Blogger Krisna Muslim said...

Udah punya anak gadis nih... Siap2 mantu...

 
At 12:16 AM, Blogger Anisa said...

Bilah dah persis orang Jerman mbak wajahnya. Bener2 cakep banget, hati2 mbak kalau dah masuk puber telfon tidak akan pernah berhenti berdering tuh..:D

 
At 1:24 PM, Anonymous Obat Benjolan di Belakang Telinga said...

It is great to have visited your website. Thanks for sharing useful information. And also visit my website about health. God willing it will be useful too

Cara Mengobati Cacingan
Cara Cepat Mengobati Amandel
Cara Mengobati ruam Kulit pada Bayi
Pengobatan Alternatif Penyakit Hepatitis
Obat Tradisional Cedera Lutut/Keseleo Lutut
Obat Penambah Berat Badan Alami
Cara Mengatasi Sakit Perut saat Haid

 
At 2:45 PM, Blogger Unknown said...

www0626

coach outlet online
raptors jerseys
polo outlet
jimmy choo shoes
coach handbags
gucci outlet
ugg outlet
barcelona jersey
canada goose outlet
nike pegasus





 
At 9:55 PM, Anonymous Anonymous said...

jordan 6
off white outlet
supreme clothing
off white clothing
bape
hermes bag outlet
a bathing ape
kobe shoes
jordan shoes
kd 14

 

Post a Comment

<< Home