Tuesday, July 18, 2006

Usia 9 tahun.. dulu & sekarang

Pohon merah ini tumbuh di salah satu rumah di jalan Bebelalle, Hamburg, dekat konsulat RI di Hamburg. Walaupun bukan musim gugur, tapi warna daunnya memerah. Kenapa ya cerita pohon ini? hehe... indah aja menurut saya. Daunnya tidak seperti pohon lainnya yang mulai menghijau di saat musim panas seperti ini. Mau tampil beda.... :D

Hari ini Bilah pergi berlibur bersama keluarga Avina. Bukan belum sering mereka pergi bersama. Saat Avina 9 tahun, dia juga pernah ikut kami ke Phant Asialand di Köln, tanpa disertai ortunya. Namun buat Bilah... ini pergi pertama sendiri tanpa ortunya untuk berlibur ikut keluarga orang lain. Mereka akan ke Europapark dekat Freiburg selama 4 hari. Perjalanan kesana sekitar 10 jam, besok pagi mereka akan sampai disana dan akan menginap di tenda-tenda camping. Tahun 2004 lalu kami sudah pernah ke sana sepulang dari Swiss. Namun Bilah ingin bermain lagi disana.

Yang ada dipikiran saya... kok cepat ya dia dah besar? hehe... Jadi ingat saat saya 9 tahun dulu, ingin ke Jakarta sendiri ikut tante, ibu tak mengijinkan. Takut terjadi ini itu, karena saya terkecil dan anak perempuan satu-satunya di rumah. Mau pergi ke sana ke mari, selalu dibatasi karena ibu kuatir. Dulu... sering kesal sendiri kok apa-apa gak boleh ya.

Sekarang... disaat Bilah berumur 9 tahun juga, dan apa-apa dia berusaha mandiri dan banyak keinginannya seperti anak-anak yang lain, mulai juga muncul rasa kekuatiran itu pada diri saya. Seperti ibu dulu, rasanya kok kuatir banget. Disisi yang lain... saya ingat dulu saya sebagai anak juga sering kesal gak boleh ini itu atau pergi ke sana kemari. Sekarang jadi sadar bener gimana rasanya jadi orang tua itu :D Stt... kami bakalan berduaan aja nih dirumah hehe....

Di usianya ini Bilah mulai menyukai semua kegiatannya disini, mulai dari latihan balet hingga gamelan sekarang. Persiapan latihan gamelan ini diadakan konsulat RI dalam rangka memperingati 17 Agustus nanti. Mungkin kalau ditanya ada apa 17 Agustus itu, Bilah hanya tahu tanggal hari kemerdekaan RI. Namun jangan tanya sejarah perjuangan atau makna lain-lainnya, pasti jawabannya 'Keine Ahnung.... gak tahu ah'.

Mengkhawatirkan ya.... apalagi kalau tahun depan jadi balik ke Indonesia. Kalau dulu ibu saya tidak perlu menuntut atau menyuruh saya belajar tentang sejarah Indonesia, maka sekarang... saya sering menuntut Bilah untuk membaca buku berbahasa Indonesia, serta sejarah atau cerita tentang Indonesia. Dan... kalau sudah acara 'menuntut baca' ini... maka sudah bisa dipastikan dia enggan melakukan dan saya marah-marah... akhirnya ribut deh dirumah. Sebenernya ngrasa salah juga sih. Namun kalau tidak dilakukan dengan sedikit memaksa, dia juga tidak akan pernah membacanya. Kapan dong...? hehehe..

Hmmm... memang waktu tuh berjalan terus ya. Dan tiap zaman akan berubah.... maka perlu juga berubah menghadapi pendidikan anak. Benar gak ya? Ada yang mau sharring pendapat....?

10 Comments:

At 11:13 PM, Blogger frufundersam said...

he he he diinget2 aja mbak gak enak kalo sering dilarang2 :p
inget senengnya kalo ortu percaya saat melepas.

 
At 12:45 AM, Blogger ario said...

salam kenal

 
At 3:28 AM, Blogger Yulia said...

Sharring soal anak..wah gak ada abis2xnya ya Put ;)

Boleh dunk sedikit maksa..kalo anak gak mau mandi masa di biarin..bau dooonkk..keekekekkk..
Soal sejarah Indo, nanti juga kalo emang kalian pulang (moga2x nggak lah yauw..ixixixiii) Bilah dapet di sekolahnya to?

Sekarang mah biarin dia seneng2x ma les2xnya en sekolahnya..namanya jg anak2x ya, kalo di paksa2x malah gak mau anaknya..tul gak..

Ah udah ah, ini kok jd kayak bu guru..kekekkkekk..

Salam bwt Bilah ;)

 
At 7:46 AM, Blogger Noenoe said...

senengnya Bilah punya teman yg seumur,..Mas Ilham juga suka minta pergi sendiri,..kemping yg diorganisir sama LSM pecinta lingkungan disini,...susahnya maemnya itu lho,...

 
At 1:29 PM, Blogger Unknown said...

Lo kok sama, deket rumahku juga ada pohon yang daunnya merah, hihihi. Soal anak, hmm .. aku belum nyampe situ, soalnya anak2ku masih batita, belum bisa baca, hehe. Tapi soal maksa, emang kadang2 harus dipaksa makan, soalnya dia gak suka makan nasi, kentang, sayur, daging, dll. Maunya cuma makan coklat ama es krim *sigh*

 
At 3:16 PM, Blogger Inayah said...

dimana-mana sama ya mbak...disini juga lagi persiapan buat Indnesian nite, adfa bazar juga buat 17-an nanti

 
At 3:52 AM, Blogger Ophi Nurwicaksono said...

Mbak itu pipinya merah banget Bilah lucuu

waduh taun depan mau pulang?
hrs buru2 ke hamburg dong heuheuheu

phantasia land tante juga udah pernah bil, cumaaa kapookkk ga mau lagi, maklum udah tua, naik achter bahn langsung kleyengan

 
At 5:25 PM, Anonymous Anonymous said...

bilah itu lembut ya mbak put...kalo ditanya njawabnya sambil senyum malu2..hehe

nug

 
At 1:55 PM, Anonymous Anonymous said...

hehehe.. Bilah mungkin blom ngerasain perlunya ya, jadi masih ga minat baca2 tentang Indonesia. sabar aja ya mbak.. ga bisa ngasih masukan apa2 nih..

 
At 2:19 PM, Blogger Maya Hirai said...

Billah lutjcu naa...
Mba Putriku.. Happy Rajab, Sya'ban next to Ramadhan 1427 H ya , mohon maaf lahir bathin.. salam-salam buat nice familynya!

 

Post a Comment

<< Home