Friday, August 25, 2006

Liburan Musim Panas 2006 (2)

Minggu II dan III :

Bilah ikut keluarga tante Dewi ke Europa Park. Ini pengalaman pertamanya pergi sendiri (tanpa kami berdua maksudnya....) dengan keluarga lain. Walaupun dengan keluarga mbak Dewi Sis ini Bilah sudah tidak asing lagi (sering nginap disana hihi...), namun pergi sendirian keluar kota belum pernah dilakukan sebelumnya.

Europa Park yang terletak dekat Freiburg, sekitar 8 jam dari Hamburg. Tentu saja awalnya dalam pikiran saya termasuk cukup jauh dan biasanya Bilah langsung gak mau ikut. Namun saat saya di Indonesia akhir Juni lalu, tiba-tiba mas Agus mengirim sms bahwa Bilah mau ikut liburan nanti ke Freiburg dan mbak Dewi harus booking sejak awal. Lho... kok diijinkan? Kata sang bapak nih.... biar aja udah besar kok. Hmmm.... (kalau pas ada ibunya udah pasti gak boleh di-booking-kan, jadi bilangnya pas ibu di Indonesia aja kata Bilah).

Berangkat malam hari dari Hamburg dan jam 5 pagi sampai di Freiburg. Dengan berbekal koper sendiri, tanpa kuatir sedikitpun (Bilah-nya) dia pergi bersama keluarga mbak Dewi. Tentu saja setiap hari saya telepon ke HP mbak Dewi. Herannya... ditelpon pagi eh sudah main atau lagi sarapan, kalau malam... eh yang berendam ke Badensee. Oh ya... pengalaman pertama juga baginya.. mereka menginap di tenda. Walaupun katanya panasss banget... dan gak tahan hihi.. (sampai bilang nie wieder ...) hehehe... namun Bilah happy-happy dan suka dengan perjalanan itu. Saya justru bilang... 'harus belajar, apapun dan keadaan bagaimanapun harus dinikmati. Masih banyak lho orang yang hidup lebih tersiksa daripada cuma sekedar panas gitu. Masih banyak yang gak punya rumah.'

Minggu III dan IV

Minggu selanjutnya Bilah ikut Pesantren kilat di Mesjid Indonesia. Selama 4 hari Senin sampai Kamis. Penekanannya adalah sholat wajib. Soal sholat .. alhamdulillah dia udah rajin, dan semua bacaannya sudah lancar. Walaupun menurut saya agak terlambat... baru 9 tahun ini dia bisa semua bacaannya (kalah ama Raushan yang sejak 5 tahun), namun sejak 7 tahun dia sudah rajin sholat. Yang belum bisa seutuhnya adalah... puasa. Saat tahun pertama disini, puasa Ramadhan jatuh pada akhir musim dingin. Kami sudah mencoba 'memaksanya' puasa. Kadang bisa sehari penuh, kadang malas lagi. Tahun ini... yang bertepatan di akhir musim panas (jamnya masih agak panjang) ntah bisa atau tidak dia berpuasa penuh ya. Kadang kok merasa bersalah juga memaksanya puasa penuh sementara jam puasa agak panjang (imsak jam 05.04 dan maghrib jam 19.23 untuk hari pertama). Semoga bisa ya....

Minggu ke-4 liburan Bilah ke Kindertagesstätte-nya lagi. Beberapa kali piknik dan bergantian menginap di rumah Avina dan Avina menginap dirumah kami. Hal lain yang dilakukannya.... bersama sang bapak cuci piring di dapur.... hehehe... Kalau ini atas anjuran sang bapak agar Bilah belajar membantu ibu dirumah ;) Kalau sering-sering sih boleh juga ya..

Danke ....




1 Comments:

At 2:44 PM, Anonymous Anonymous said...

Pa Agus lagi ngapain tuu.. lagi gotong royong yaa.. bundanya lg moto ya^-^
Maya Fajar desuuuu...

 

Post a Comment

<< Home