Monday, August 28, 2006

Menulis Cerita

Menulis cerita tentang kehidupan anak dan keluarga itu ternyata lebih menyenangkan, lebih mudah, dan alur ceritanya pun mengalir, daripada menulis ilmiah. Hehehe.. semoga gak ada yang protes sama pernyataan saya ini :D

Membaca banyak cerita teman-teman blog saya, rasanya... semua ibu-ibu berkumpul dan saling cerita pengalaman masing-masing. Kata mas Agus... pengunjung blog saya banyak banget, dan sebagian besar ibu-ibu. Hehehe... saya bilang, gak boleh protes kalau para ibu sekarang rajin menulis :P Dari cerita teman-teman, minimal saya tahu bagaimana pengalaman mendidik anak lebih dari satu, iri mengirinya saudara (cerita mbak Ina di Brisbane), cerita ibu-ibu yang anaknya masih imut-imut, kadang gemes sendiri lihat foto-foto anak-anak kecil (contoh si Zebby yang dipanggil Kriwul di Malaysia ini). Gemesin ya. Belum lagi cerita masalah bahasa anak-anak yang campuran orangtua-nya atau anak-anak yang besar di negara lain yang campur aduk. Benar-benar menarik.

Oh ya mungkin ibu-ibu yang suka ngeblog dan anaknya masih imut-imut alias masih kecil belum pernah mengalami yang satu ini. Suatu hari, kami yang juga suka ngeblog dan menceritakan si Bilah atau memajang fotonya, mendapat protes keras dari Bilah sendiri (9 tahun). "Das ist meine private Leben. Ibu dan Apak gak boleh pasang atau cerita-cerita tentang Bilah tanpa Bilah tahu". Sesaat kami sempat tertegun dan terkejut. Akhirnya kami yang minta maaf. Dari pengalaman itu, kami juga merasa bersalah karena siapapun dan apapun cerita kami tentang orang lain, tentunya harus sepengetahuan yang bersangkutan. Hmmm ternyata dah mulai kritis ya dia.

Jadi pernyataan di paragraf pertama di atas... ternyata memang menceritakan tentang anak dan keluarga itu mudah dan menarik, namun tetap saja kita harus perhatian adanya hak-hak pribadi si kecil yang kita ceritakan. Seperti halnya ... hak paten, hak cipta, dan hak lain dalam riset/penelitian.

Ngomongin penelitian.... kerjaan mensimulasikan dua daerah (eh tiga daerah... karena di gambar 1 daerah yang disimulasikan adalah Sungai Siak - Riau dan gambar ke-2, simulasi daerah Poso dan Buli dilakukan terpisah) berikut ini sedang saya lakukan. Menarik? Pasti nggak ya... hehehe.. Bilah aja sering protes lihat gambar-gambar riset saya yang aneh menurutnya :P


--- ||| ---

Jadi apa sih yang dikerjakan dengan daerah itu? Saya hanya membuat simulasi sirkulasi air laut dan sungai dan selanjutnya di analisi menurut keperluannya. Untuk daerah Riau, analisis yang ditekankan adalah bagaimana penyebaran transport massa air dan polutan yang keluar dari badan sungai, dibuang ke sungai secara langsung. Seberapa jauh dan seberapa lama hasil buangan itu akan bereaksi dan tersimpan dalam badan air? Hasilnya dapat digunakan untuk berbagai kebijakan di lingkungan Pemda Riau dan lainnya.

Analisis gambar ke-2 yang berlokasi di Poso (Sulawesi Tenggara) dan Buli (Halmahera) penekanannya adalah sesuai permintaan studi di masing-masing lokasi; lokasi mana kira-kira yang paling baik untuk membangun pabrik beserta pelabuhan yang diperuntukan bongkar muat bahan tambang. Paling baik disini tentunya berdasarkan kemungkinan terkecil terjadinya perubahan lingkungan seperti endapan sedimen, hilangnya terumbu karang, dan lain-lain, untuk mengurangi protes penduduk atau pemerhati lingkungan jika perusahaan membangun pabrik di sana. Di sisi ekonomis perusahaan, apakah daerah tersebut terlindung dari gelombang pasang yang tinggi, bagaimana juga kekuatan bangunan pantai dan pabrik di daerah tersebut. Bekerja sama dengan para ahli yang melakukan studi geologi, geofisika dan hidrometeorologi yang juga melihat seberapa besar resiko kemungkinan terjadinya gempa, tsunami, kekeringan/banjir/longsor di daerah tersebut. Pada akhirnya kompilasi studi yang cukup besar untuk menyelesaikan satu pekerjaan ini di 2 lokasi.


--- ||| ---

Nah ... coba dibandingkan membaca yang ditulis dengan huruf hitam biasa (cerita sehari-hari) dan paragraf-paragraf yang ditulis dengan warna hijau (cerita pekerjaan). Lebih menarik dan lebih mudah dimengerti yang mana?


18 Comments:

At 5:01 PM, Blogger si inot said...

hehehe.. emagn lain ya. tulisan untuk enterteint bikin hati riang. kl tulisan ilmiah, bikin serius.

masak apa mbak.

eh dah tau ya, aku pindah url ke inotpinot.blogspot.com

 
At 5:01 PM, Blogger si inot said...

hehehe.. emagn lain ya. tulisan untuk enterteint bikin hati riang. kl tulisan ilmiah, bikin serius.

masak apa mbak.

eh dah tau ya, aku pindah url ke inotpinot.blogspot.com

 
At 5:29 PM, Blogger Ophi Nurwicaksono said...

lebih rame yang tulisannya ungu hahahahahha

 
At 5:29 PM, Blogger Khazbiika said...

Waah.. ada nama Zebbynya..
Zebby jadi berasa kayak selebriti nih hehehe... Salam buat kakak Bilah yg cantik yah tante...

 
At 6:29 PM, Blogger Inayah said...

sama menariknya buat mereka yang memang seneng sama dua-duanya..:))
Thanks ya mbak...makasih dah mau berbagi juga sama aku...

 
At 7:49 AM, Blogger keluarganugraha said...

crita sehari-hari emang lebih enak dibaca, tapi asal jangan yang isinya ngomongin orang laen ajah.. :D

crita soal kerjaan bisa aja menarik kalow kebetulan kita punya minat yang sama.. ya gag? :D

salam kenal juga ya mbak putri :)

 
At 7:14 PM, Blogger meyrinda said...

buat memperluas wawasan, enak deh mba baca yg ijo (walaupun pake mikir :D) tapi buat menimba ilmu "kehidupan, yg item okeh juga...btw, billah kok puinterrr sih??? apa rahasianyaa

 
At 7:20 PM, Blogger Y7 team said...

Tergantung background yang baca dong Mbak. Tulisan yang warna ijo, bukan tulisan ilmiah, sorry, tapi tulisan yang mendiskripsikan kerjaan hari-hari alias bercerita tentang kerjaan.

O, ya ... Nanya boleh Mbak ?
1. Seberapa kuat gempa yang bisa bikin lapisan termoklin bubar alias mengaduk dasar laut dan melemparkannya ke permukaan.
2. Butuh berapa lama (tahun) polutan misal cyanida atau merkuri yang mencemari sungai-sungai (dari tambang emas liar) diperkirakan menumpuk di muara sungai dan sekitarnya
3. Keep on writing yah ... Kerjaan OK, keluarga juga OK

 
At 8:05 PM, Blogger putri said...

@maiden : kan disitu emang ditulis cerita pekerjaan :D Tulisan ilmiah gak boleh ditulis diblog... dimarahin ama yg ngasih proyek ntar hehehehe... makanya dipajang gambarnya doang ;)

Tentang pertanyaan itu... :
1. tergantung energi dalam 1 kolom air. Bisa dihitung :D

2. Keuntungannya muara sungai adalah adanya pasang surut, jadi ada waktu bilasnya. Tergantung berapa besar polutan masuk, dan seberapa kuat pasang surut dan arus di daerah tersebut. Kalau logamnya ada yang mengendap, kecepatan endapan jg bs dihitung. Bisa disimulasikan jg :D Reaksinya dengan air laut? hmm bisa tanya tante Ophi kali ya (hihi..anggap obat2an)

3. Danke...

4. kok jadi panjang ya jawabannya... belum termasuk ilmiah hihi..

 
At 10:37 PM, Blogger Ummi Riza said...

Trus terang aku lebih suka baca yg "hitam" hihhiihi..oh iya dong anak harus dihargai juga privasinya.tp untungnya selama ini Nadya blm pernah protes kalo potonya dipjg di blog hehehehe..

Mba Putri blognya aku link juga yah?..makasih udah sering mampir ke blog kita...

 
At 12:51 PM, Blogger Yulia said...

Wahahahahahh..nah loh Put, ketauan Bilah yak..wahahahahhh..kalo sade ngerti bhs Indo pasti dia ngomel2x tau kegiatannya dia sehari-hari gw beberin di blog (waktu masih ngeblog ria)..untung dia gak ngerti..ixixixiii, tp kan kt gak cerita yg jelek2x yaa soal anak sendiri :)

Gak pa-pa lg cerita soal kerjaan, asal nyambung aja toch?!

Take care ya Put :)

 
At 3:44 PM, Anonymous Anonymous said...

heheh iya anak skrg udah ngerti privacy ya..

btw, aku skrg udah ngurangin cerita ttg keseharian. kalo cerita keseharian Naila juga ga detil2 amat. ga tau kenapa :D

 
At 1:54 PM, Anonymous Anonymous said...

Put...aku mah jujur..enakan baca cerita Billa he..he...so Billa please dong..izinkan ibu menulis tentang Billa kan untuk kenang-kenangan Billa besar nanti...

 
At 11:59 AM, Anonymous Anonymous said...

mba enakan cerita mengenai sehari2 soalnya isinya lebih ringan...

untuk cerita pekerjaan seru bagi ssorg yg memiliki minat n bidang yang sama....emmm bukan begitu??? tp tuk nambah wawasan boleh juga...

ok.mba ditunggu loh cerita mengenai sehari2 n pendidikan anak seru juga klo dibahas...

 
At 2:47 PM, Anonymous Anonymous said...

wadauu... lagi ruajiinn.... sampe sempet gunta ganti tinta nii ngetiknya hehe.. lam kuanennn.. biasa lah ngebut lageee;;)
Maya Fajar Deuiii...

 
At 8:58 PM, Blogger Webmaster said...

This comment has been removed by a blog administrator.

 
At 8:59 PM, Blogger Webmaster said...

Hallo mbak Putri, salam kenal dari Daffa Binapraja

 
At 12:06 PM, Anonymous Anonymous said...

oanjang banget postingnya

 

Post a Comment

<< Home