Tuesday, September 05, 2006

Bukan Tukang Masak

Saya bukan tukang masak, bukan juga orang yang hobi masak memasak. Namun sejak keluarga ada di Hamburg, urusan memasak harus dilakukan juga. Berbeda dengan mendiang ibu saya yang suka sekali memasak, dan pastilah enak masakannya. Terbukti hampir semua orang yang pernah makan di rumah kami suka sekali datang untuk makan lagi, bahkan suka membeli dan memesan masakan ibu.

Masih ingat waktu awal Bilah di sini, karena biasanya saya memasak seenaknya saja untuk sendiri, saat itu Bilah protes urusan masakan yang menurut dia kurang enak. Dia terbiasa dengan masakan neneknya yang enak dan semua kemauannya dituruti. Awalnya... saya juga stress berat, bagaimana sih jadi ibu yang baik, masakannya aja gak disukai anaknya :( huhhh sedih banget... suka nangis juga (hehehe...). Sekarang bisa ketawa kalau ingat masa awal-awal kedatangan keluarga ke sini. Alhamdulillah masa-masa itu tlah berlalu.... :)

Akhirnya dengan belajar dan coba-coba, mereka mulai menikmati masakan saya. Bahkan sekarang... Bilah lebih suka saya yang memasak daripada harus beli atau makan makanan yang sudah jadi. Bekalnya tiap pagi harus saya yang menyiapkannya. Mulai hanya menyiapkan sandwich hingga membuat muffins atau wafel di pagi hari yang masih gelap dan mulai dingin ini :D Kalau dibelikan yang sudah jadi dan siap makan... eh malah gak dihabiskan. Ntah kenapa.... Walaupun begitu ternyata saya rajin juga (hihi... memuji diri sendiri), ternyata gak pernah malas juga membuat ini itu untuknya. Bahkan akhirnya berkembang ke kue-kue dan masakan yang lain. Enak? Entahlah... hehehe...kalau yang ini gak berani memuji. Tidak yakin ... haha..

Yang terbukti hanyalah beberapa teman minta tolong dibuatkan kue lapis untuk acara disputasinya Kang Eeung awal tahun ini. Foto lapis tepung beras dengan harum daun pandan itu... digemari sekretaris dan professornya kang Eeung. Hihi... seneng banget ada yang suka :D Sayang nih... mbak Inot yang ngidam lapis jauh sih di Belanda, coba deket bisa dibuatin ya.

Selanjutnya... om Andrivo dan tante Lessy yang gemar makan martabak... sampai-sampai hari Minggu sore lalu khusus datang untuk menyantap martabak. Urusan martabak ini biasanya kerjasama dengan suami. Isi dan persiapannya saya yang buat, lalu dia yang lipat dan goreng. Minggu kemarin kami mencoba martabak isi jamur, tanpa telur (diganti tepung sedikit), niatnya sih karena ada temen yang vegetarian mau datang... eh ternyata teman yang satu ini gak jadi datang, akhirnya ya... dimakan sendiri deh :D Ternyata enak juga lho martabak vegetarian hihi...




Dan tentunya kue-kue untuk Bilah ke sekolah, ulang tahun atau acara di Kindertagesstätte-nya. Ternyata... memasak pakai iklas dan bumbu cinta akhirnya memberikan rasa yang lezat. Begitu kata suami.... ;)

Urusan memasak, walaupun memang wajib, namun bagi saya benar-benar hanya untuk Spaß hmm... untuk senang-senang saja. Coba ini coba itu... hihi.. jadi jangan tanya resep deh. Suka gak bisa jelasinnya :D Selain itu... untuk memasak yang agak rumit-rumit (rumit menurut saya sih... hehehe..) biasanya saya sengaja mengajak suami turun ke dapur. Hasilnya...? Sudah dua malam ini semenjak ditinggal Bilah, kami berdua menghabiskan suasana romantis di dapur.... hahaha.. Malam pertama sih kerja di Institut sampai malam, nah malam kedua kami bikin bakso sapi.... jadi lho.. rasanya ok..., namun wajah si bakso tuh masih kurang gimana.. gitu. Nah malam ketiga ini... terjadilah perang tepung... bikin empek-empek ngintip di dapurnya mbak Ina yang di Ausie ini hihi... Jadi mbak... sukses ... tapi dapur berantakan hehehe... Jadi aja ketawa-ketawa terus nih berdua.. hihi..

Apapun masakannya.. kalau dimasak dengan ikhlas hasilnya akan nikmat aja... Iya nggak? :D Oh ya satu lagi... bagi saya, makin banyak penggemar dan peminat yang mau makan..., maka makin semangat memasak lagi dan coba-coba lagi... hehehe..

Jadi.... minta maaf buat Mama Ochan dan mbak Inayah yang ngasih PR, belum dikerjakan ya... lagi masak-masak dan nulis paper nih, sibuk berat sebenernya... hanya memanfaatkan waktu berdua denga memasak biar lain daripada yang lain romantisnya hihi...

--- ||| ---


8 Comments:

At 4:27 AM, Blogger Y7 team said...

Bakat alam Mbak, seringkali gw temui mereka yang sama sekali nggak pernah sentuh dapur dimasa mudanya begitu berkeluarga jadi ahli masak yang handal.
Pengecualian, yang gw belum tau jawabannnya justru kenapa koki koki kenamaan kebanyakan justru laki laki.

 
At 1:44 PM, Blogger Sita, Bunda-nya Calya said...

Ngilerrr asli....
Hebat bener sih Mbak Putri ini. Urusan otak encer, urusan perut juga jago. Mau dong kayak Mbak Putri. Rahasianya apa mbak....???

 
At 3:42 PM, Blogger Ina said...

Waaah hebuat nih Mbak Putri. MMM Yummy.. pasti lezzat deh. Ina juga pengen nih jago masak. Palagi suatu saat nanti harus ikut suami pindah ke luar Jawa. Bs ga ya nanti ...
Btw, ada PR untukmu lhoh mbak.. dikerjakan yaa

 
At 5:03 PM, Blogger si inot said...

huaaaaaaaaaaaaa.... huaaaaaaaaa....
huaaaaaaaaa....

mbak putri coba deket rumah yaa.. hikss.... itu martabak dan lapisnyaa...

 
At 6:58 PM, Anonymous Anonymous said...

aku dulu pas kuliah seneng banget masak dan bikin kue. ga jago sih, dan rasanya cuma buat kalangan terbatas aja :D. tapi skrg cuma sesekali masuk dapur :(

 
At 9:10 PM, Anonymous Anonymous said...

Waduh, photo2 makanannya bener2 mengundang selera. Jadi laper berat nih. Tanggung jawab dong :)

 
At 9:27 AM, Blogger ira i said...

Tapi Mbak Putri, biasanya kl punya Ibu yg pinter masak, anaknya suka ketularan pinter deh!!! Hayo ngaku!!!

 
At 12:12 AM, Anonymous Anonymous said...

mbak putri..kirim dong makanannya..:P Sekali2 taruh dong resep buat bekal anak2 sekolah. AKu kadang bingung mo bikin apa lagi buat bekal Daniel. Soalnya dia bosenan kalo itu2 aja.

 

Post a Comment

<< Home