Tuesday, September 26, 2006

Cerita Ramadhan (1)

Cerita ini masih tentang Ramadhan yang kami lakukan di Hamburg tahun ini.

Walaupun ini sudah tahun ke-4 untuk Bilah dan Mas Agus melalui bulan Ramadhan di Hamburg, namun baru tahun ini Bilah bertekad puasa sehari penuh sebulan ini. Dua hari ini alhamdulillah dia bisa menjalaninya dengan baik. Surat ke ibu gurunya saya tulis untuk memberi tahu bahwa Bilah menjalankan puasa Ramadhan. Berhubung di Veddel, tempat tinggal kami, sebagian besar adalah orang Turkie yang mayoritas juga Islam seperti di Indonesia, maka untuk sang guru pun tidak asing lagi dengan semua kegiatan dan acara keagamaan orang Islam.

Pulang sekolah kemarin sore, saya sempat tanya jawab ama Bilah tentang puasanya:
Ibu : "Apa komentar Frau Schulz (gurunya)?"
Bilah : "Frau Schulz bilang... Bilah boleh puasa gak makan, tapi harus minum". Hihi.. dia ketawa sendiri dengan jawabannya, sementara saya agak-agak bengong campur maklum.
Ibu : "Trus Bilah minum?"
Bilah : "Ya nggak dong bu...".
Alhamdulillah.

Sebenarnya ada rasa gak tega dia puasa seharian, yang untuk tahun ini waktunya cukup panjang, bahkan sedikit lebih panjang daripada di Indonesia. Namun karena mau berusaha dan biar berlatih ya sedikit ditegain deh. Namanya juga latihan ya... ?

Sampai ada pembicaraan berikut....

Ibu : "Kalau besok dan hari Rabu ada olah raga, trus sesudahnya Bilah lemes banget, Bilah boleh deh buka puasa, makan, sambung lagi puasanya sampai maghrib. Tapi... harus jujur, harus bilang. Nanti kita hitung berapa hari gak puasa, trus harus dibayar setelah lebaran nanti"
Bilah : "Besok kayaknya gak ada olah raga, mau ada test Mathe. Tapi rabu renang... Kalau gitu... Bilah gak usah puasa aja ya, nanti aja abis lebaran"

Hahh? *bengong* ibunya....

Bilah : "Ya kan.. daripada udah gak bawa bekal, trus Bilah gak kuat, haus, lapar, makan dari mana? Mending udah gak puasa aja sejak pagi"
Ibu : "Lho gak boleh gitu dong... harus berusaha dulu bahwa kita mampu melakukannya. Kalau itu kan namanya menyerah duluan."

Hahahaha.. saya baru sadar dengan keteledoran kata-kata saya sendiri. Hanya karena merasa tak tega, maka justru lupa menyemangatinya bahwa selama puasa itu kita tetap harus melakukan semua kegiatan kita. Puasa bukan beban. Lupa kalau berbicara ama yang namanya anak-anak....

Dua hari ini buat saya ada tambahan pikiran.... masak apa ya buat buka puasa? buat sahur? Bukan beban, tapi ... ada tambahan pikiran karena Bilah puasa, maka makanan yang saya siapkan harus bergizi dan cukup buat dia. Apalagi memasak itu bukan hobi saya, biasanya asal aja :D Hmm... mungkin ini pelajaran tambahan buat saya, bagaimana mengatur gizi anak selama puasa? Hehehe....sebenarnya pengen ketawa sendiri juga sih... Apa ibu-ibu yang lain kepikiran kayak saya gini ya.. gizi yang baik untuk anak berpuasa? Apa saya aja yang terlalu ribet sehingga gitu aja kok dipikirin asal anaknya mau makan?

Ada yang punya saran gak, menu makanan yang bergizi untuk anak-anak yang berpuasa???





13 Comments:

At 9:11 PM, Blogger Vina said...

Wah, hebat ya Bilah udah puasa.. Alif blm nih, umur brp ya bs mulai diajarin puasa? Trus menu bergizi utk puasa? Mmmh, kynya anak2 sng sm interesting & funny presentation, misalnya roti isi telor & keju, tp si rotinya dibkinin hiasan wajah org, pk wortel & bakso.. :D Just a silly idea :p

 
At 7:06 AM, Anonymous Anonymous said...

woaaaah heibad deh bilah dnh mulei puasa penuh.. mudah-mudahn lancar ya bilah :)

owiyah, tengs banged yah ucapan dan doanya buat deeja.. maap br bisa nulis skarang brubung baru konek lagi ke internet :)

trus, mohon maaf lahir batin yah.. met puasaan, insyaAllah diberi kelancaran :)

 
At 11:15 AM, Blogger Ina said...

Saran makanan yg bergizi tp anak suka apa ya? hehe Ina juga krg pengalaman nih. Yg jelas minum susu jangan ketinggalan. Smg Billah tamat mpe lebaran deh :)

 
At 12:07 PM, Blogger Ewi dan F3 (Fikri, Fira Faiz) said...

Assalamualakum,,,
Salut yah biat Bilah bisa puasa ditempat minoritas... Kalo blogwalking, saya paling suka baca pengalaman saudara seiman yg berada neg lain...pasti seru ya...
Selamat beribadah puasa ....

 
At 9:11 PM, Anonymous Anonymous said...

Billah jago heui...puasa di akhir musim panas yang panjang yah...
Tapi aku setuju lho put diperhatikan menu nya Billah...Mungkin dia harus banyak minum air juga yah..tapi yang penting dia semangat makan lho...

 
At 11:47 PM, Blogger Sili Frebrian said...

alhamdulillah..bilah hebat. aiz juga baru mulai terbiasa. hari ke 5 ini dia udah mulai bisa bertahan. kemarin dia baru mulai bisa penuh, sebelumnya bolong ditengah hari, tapi lanjut lagi sampai maghrib (maghribnya malem..hampir jam 8, hiks).
menunya kalo aku sih, harus ada susu dan telor buat tenaga yg long life (energizer kali..hehe). trus, kadang buat spaghetti, dikasih keju dan daging giling plus campur tomat asli. sekali bikin banyak, disimpan di lemari es buat lain waktu. aku ga jago masak, jd sukanya nyari2 trik biar masak sesedikit mungkin....hihihi.

 
At 1:12 AM, Blogger Ophi Nurwicaksono said...

Adaaaaa basooooooooooo
hihihihi

itu mah anak segede sayah ketang hihihi

minum harus banyak bu...

 
At 3:59 AM, Anonymous Anonymous said...

wah, 2 jempol utk Bilah...heibad. smoga lancar yah puasanya sampe lebaran. menu sehat, mungkin dilengkapin aja Mbak Put...4 sehat 5 sempurna. gak perlu yg rumit2.

 
At 5:57 AM, Blogger Inayah said...

gak apa-apa mbak masih kecil ini kok...

 
At 12:38 PM, Anonymous Anonymous said...

semua kegiatan olahraga anak saya juga selama bulan puasa ini distop dulu oleh istri, karena takut kecapaian, haus.

kalo buat saya mau olahraga, ya olahraga saja ngga usah distop. paling nanti kalo merengek-rengek, ya tinggal disodorin ke ibunya...halaah...

salut buat Bilah. gimana kalo makan coklat (bersusu) sama ice cream bu...mungkin kandungan lemaknya lebih asyik dan saya doyan banged gituh...

 
At 6:21 AM, Anonymous Anonymous said...

kali lantaran mo ada kelas renang itu jadi Bilah nggak mau puasa ya... :) kebayang nggak sih berenang tanpa keminum airnya???

 
At 9:49 PM, Blogger si inot said...

ye mbak put.. aku kan dah bilang, abis puasaan aja.. atau pas gak repot.. mbak put kan lagi repot di isntituut kan..
aku gak kesusu kok mbak...

sak sempatnya okee.. makasih lo mbak put...

 
At 10:49 AM, Blogger chenlina said...

chenlina20160223
ray ban sunglasses outlet
the north face outlet
jordan concords
louis vuitton outlet
cheap nfl jerseys
prada handbags
polo ralph lauren
canada goose outlet
michael kors outlet
true religion outlet
oakley sunglasses
michael kors uk
uggs on sale
louis vuitton outlet
kobe 10
kobe 9
nike roshe run women
fitflops
ugg sale
true religion outlet
oakley sunglasses cheap
cheap jordan shoes
michael kors outlet online
louis vuitton handbags
cheap air jordans
ray ban sunglasses outlet
tod's shoes
coach factory outlet
lebron james shoes 13
ralph lauren outlet
canada goose jackets
michael kors handbags
lebron 11
timberland outlet
kobe 11
official coach factory outlet
pandora jewelry
michael kors outlet online
kids lebron shoes
the north face
as

 

Post a Comment

<< Home