Friday, September 29, 2006

Cerita Ramadhan (2)

Kalah... Batal...

Nah, setelah posting percakapan ini kemarin, apa yang terjadi? Pulang sekolah hari Selasa Bilah bilang batal puasa. Duhhh.... Katanya pusing dan haus sehabis olah raga. Padahal kalau dilihat secara fisik dia kelihatan segar banget hari itu. "Nanti dibayar setelah lebarah...", gitu katanya. Sungguh lho jadi menyesal ngasih tahu bisa dibayar :(( dia jadi berpikir ya udah nanti aja lagi. Cepat kalah.... :( Si bapak langsung marahin ibunya, kok mematahkan semangat puasa anaknya. Hikss.. perlu latihan nih saya, memilah kata-kata mana yang bisa dikatakan ke anak 9 tahun, mana yang belum perlu.

Jadi berbagi pengalaman nih... kayaknya perlu hati-hati juga memberitahu anak soal puasa bisa dibayar. Bisa jadi kayak si cantik ini eh... malahan gampang kalah... :( gak semangat lagi.

Hmmm... mungkin juga namanya anak-anak ya... Hari Rabu dan Kamis kemarin alhamdulillah dia lancar lagi puasanya ( setelah agak didorong-dorong dan paksa dikit ma ibu-bapaknya :D ) .

Nafsu....

Cerita lain tentang keinginan makan ini itu, alias cuma nafsu doang... Hari-hari pertama puasa, saya dan mas Agus tuh pengin makan ini itu saat buka atau sahur. Belum lagi kepikiran Bilah harus makan yang bergizi selama puasa. Jadinya... hmmm rajin masak dan banyak makanan. Mulai dari bikin kroket, frühlingsrolle, dan kolak pisang + kolang kaling untuk berbuka puasa... sampai makan berat untuk buka dan/atau sahur.... mulai dari ayam goreng, semur daging, sayur lodeh, lasagna pakai bayam, pizza ikan tuna... dan lain-lain.

Nah ternyata... cuma nafsu doang. Makannya cuma dikit banget. Apalagi jam makan malam adalah saat berbuka puasa ( jam 19.15 ), akhirnya... banyak makanan yang gak habis-habis kami makan :D Akhirnya di hari ke-4 dan ke-5 saya mulai mengurangi kegiatan masak memasak hehehe... Gak berarti menu tidak diperhatikan lagi, tapi jumlah masakan dan jenis masakannya dikurangi.

Na ja... ternyata kok masih susah mengendalikan hawa nafsu... nafsu makan maksudnya :D Apalagi mengendalikan nafsu marah deuhhh.... susah banget. Kemarin sempat kesal ama suatu kejadian tentang pekerjaan. Karena takut jadi marah... saya hindari semua kontak ama orang-orang yang bersangkutan. Konsentrasi ke pekerjaan di Institut. Hasilnya....? Rasanya tertumpuk di otak gak tersalurkan... langsung jadi punyeng dan lemas. Baru sadar segitunya ya menahan amarah tuh? Walaupun saya gak marah ama orang, tapi kepala itu jadi cenut...cenut... punyeng deh. Sempat digodain ma mas Agus, disuruh marah ke dia aja.. eh jadinya malah ketawa disuruh marah :p ternyata malah gak bisa ya kalau marah itu disuruh, harus dengan sendirinya gitu? Setelah berbuka, sholat maghrib, tadarusan bentar.... eh alhamdulillah hilang semua punyeng itu dengan sendirinya... Hmmm... mungkin dah kalah juga ya berarti? Ntahlah...

Met puasa... masih perlu menjaga hati, pikiran dari godaan hawa nafsu sendiri. Moga-moga Allah menerima amal ibadah kita semua. Amin.




16 Comments:

At 3:05 PM, Blogger Yulia said...

Wah untung juga Bilah gak sampe sakit yak Put..bisa kalah berhari-hari.
Emang nahan marah bisa bikin pusing kepala..sabar Put tahan2x eui..jgn ke pancing si pancingan..kekekekekk..ngomong apaan seh gw?! :D

Hepi wiken ya :)

 
At 9:04 PM, Blogger Noenoe said...

mas ilham gol terus alhamdulillah,..kali di jerman msh panas skali jd si cantik sempat kalah ya,...
mbak kalo makanan gak habis, kirim aja ke daku, he he he

 
At 10:55 PM, Blogger Bunda Raffee said...

wah seru juga ya ngajarin anak puasa yang beneran.
raffee belum diajarin puasa beneran soalnya masih 3 taun hehehe
jadi pengen raffee cepet2 gede biar bisa puasa beneran.
hihihi emang ada puasa boongan :p

 
At 10:49 AM, Blogger Vina said...

Sama Mbak, yg namanya menjaga hati tuh beraaaaaat bgt dibandingin cuma nahan laper & haus ya..

 
At 4:33 PM, Blogger si inot said...

oh gitu ya. anakku jg gitu mbak.kl dibilang shalat nien, jawabannya ya mama, nanti kl aku dah gedhe aku harus shalat, kl masih kecil, jarang2 gak apa2 kok.. itu kata papa.. wadah.. katanya cape aku ma staan, zit, staan, zit (berdiri duduk berdiri duduk). aku cape soalnya kan aku masih kecil...

skrg kl aku baca quran, dia slalu dengerin dan tanay terus artinya. ujungnya : mamaaaaaaaa.. kenapa kok kita harus ini harus itu harus ini itu teruuuuuus !!! lho, jadi marah mbak put.. penjelasannya jadi panjang lebar, baru paham, dan harus bener2 professional njelasinnya dan sejujur2nya. biar badan kecil, emosi kecil, tapi yg namanya otak jualaaaaaaan pol mbak. hehehehe..

jd aku suka skip ayat2 murkanya Allah kepada umat nabi Luth, misalnya. nanti anakku melek gak isok turu mbak... belum waktunya sih. ya dia blom menyadari penuh sih hidup ini kan untuk beribadah kepada ALlah. belum sampai kesitu.

marco sama mbak. duh, kl lapar jadi pemarah. gak sabaran gitu. kolega dia dah kena satu persatu. sampe tadi dia tak teriakkin lagi jangan sampe muarah2 sama nienke. dah jarang ketemu minggu ini saking sibuknya si marco, di wiken kok pagi2 dah mulai gak sabaran sama anaknya. lek aku wis ngamuk2 gitu mbak, dia tak suruh buka aja, gak ada faedahnya puasa. mek lapar thok ae. abis gitu baru sadar, dan minta maaf.

wuiih.. jangan ganggu marco kl lapar. hihihi.. gualaaaaaak pol !

 
At 6:39 PM, Anonymous Anonymous said...

sabar sabar..... emang susah mo sabar .... btw...mo mudik ya... kaya TKW aja ;) ;) kidding jeng :) met liburan... titideje ye....

 
At 5:22 AM, Blogger Y7 team said...

#.1 ~ Yang lebih tau tentang kondisi badannya ya Bilah dunk. Walo kondisi fisiknya menurut qta segar bugar, tapi kalo soal pusing, susah dinilai atu ...
#.2 ~ Mungkin pemahaman "dibayar"nya yang perlu di revisi kali ...
#.3 ~ But, nine years old bukannya sudah bukan anak-anak lagi tuh ? Maksutnya anak-anak dalam kriteria umur ?

 
At 7:29 AM, Anonymous Anonymous said...

Yang penting si cantik udah belajra mbak dan tetap disemangatin...tapi maklum lah kaloa da kalah nya..terus..emang sepertinya wamkain mendekat ke minggu ke 2. dst puasa itu semakin berat lho godaannya...yang sabar yah bu...

 
At 6:39 PM, Anonymous Anonymous said...

gpp lah Mbak Put...pelan2 aja, namanya jg anak2. Bilah umur brp sih, Mbak? blm haid kan? gpp lah...kan blajar jg. ibunya rajin ngedoain aja, biar ibadahnya Bilah lancar.

 
At 8:21 PM, Blogger si inot said...

mbak put, kemarin aku dapat kiriman baling2 dan sambusa dr moeder ismael temen skeolah nienke yg oragn somalie. jadi aku rajin ter teran lho. bukan sama orang indo di desaku tp ama wong somalie. jadi ekmarin aku kirim 40 biji lunpia. ya segitu mbak, lha dia kl kasih juga buanyak banged sambusanya bisa 20-30 biji plus baling2.

ah.. mbak put, bilah dah latian puasa di barat itu luar biasa bagusnya.. godaan bukan hanya lapar, tp kondisi yg sama sekali gak ada bau2 ramadhan di barat. di indo semua orang puasa, disini orang makan minum di depan idung kita dan mungkin kita dianeh2kan krn kita sendiri gak puasa. namanya anak2 itu jg cobaan berat disamping lapar dan haus..

kl dipaksapun, anak jadi puasa bukan krn Allah, tp krn ibu. dus percuma jg puasanya. jadi memang, kitanya yg harus memberikan pengertian yg mendalam ttg kewajiban puasa. dan anak jadi paham. dan ini TIDAK MUDAH lo, pake process....

go bilah... coba lagi yaa puasanyaa..

 
At 3:12 AM, Anonymous Anonymous said...

Met Puasa mbak. Maaf baru nyamperin lagi. Kerjaan lagi nggilani. Hehehehe... Salama buat kang mas dan Hasnah. :)

 
At 3:10 PM, Anonymous Anonymous said...

yes...itulah nikmatnya jadi orang tua, mendidik anak itu butuh seni, tapi seni disini ngga perlu bakat, tapi naluri sebagai orang tua, betul kan. (waduh teori apalagi ini).

untungnya setiap minggu pertama puasa di sekolah anak saya, pasti libur, nah ini mungkin menguntungkan buat para orang tua untuk mendidik anak2nya.

jadi kita sebagai orang tua memang dituntut kesabaran...harap2 cemas gitu loh...waaahhh ngga tepat ya. mendingan berdoa betul kan.

 
At 2:37 PM, Anonymous Anonymous said...

Cepasa amigos ))
Aciphex
Aciphex
http://www.yeshuanet.com/docs/images/Aciphex/index.html
============================================
Tramadol
http://www.yeshuanet.com/docs/images/Tramadol/index.html
Tramadol
*****************************************************
Bentyl
http://www.yeshuanet.com/docs/images/Bentyl/index.html
Bentyl
thank you

 
At 9:33 AM, Anonymous Anonymous said...

Here is some pills-info links

\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\
naprosyn
==================================
naproxen
nasacort
\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\
nexium

/////////////////////////////
N

nizoral
/////////////////////////////
ortho
paroxetine
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-
P

\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\
penlac
percocet
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
phendimetrazine
phentermine
prevacid
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
prilosec
propecia
protopic
---------------------------------------------
prozac
pyrethrin
ranitidine
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-
remeron
retin
rozerem
seasonale
---------------------------------------------
O
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-

sibutramine
singulair
;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;
skelaxin
soma
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-
synalar
tamiflu
tetracycline
T

\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\
tramadol
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
cymbalta
--------------------------------------------------

PPS
If I'll find something else, I'll post it here ))

Do you think it's helpful?

 
At 10:10 AM, Anonymous Anonymous said...

Do you care about you helth??!! )
So why we don't think about this?

Hi


fluoxetine
\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\
fosamax
gris
<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<
hoodia
\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\
imitrex
************************************************
ionamin
:::::;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;
kenalog
lamisil
\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\
levbid
levitra
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
lexapro
lipitor
---------------------------------------------------------
lortab
meclizine
<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<
meridia
\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\
mircette
naprosyn
\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\
naproxen
nasacort
_______________
nexium
/////////////////////////////
nizoral
_______________
ortho
:::::;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;
paroxetine
---------------------------------------------------------
penlac
percocet
--------------------------------------------------
phendimetrazine
phentermine
---------------------------------------------------------
prevacid
prilosec
_______________
propecia
protopic
\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\
prozac
pyrethrin
--------------------------------------------------
ranitidine
remeron
--------------------------------------------------
retin
!-!-!-!!-!-!-!!-!-!-!!-!-!-!!-!-!-!!-!-!-!


PS
It would be great, if you'll post your thoughts about that pills.. thx
This is my university project )) Thank you for your post;)

 
At 9:23 PM, Anonymous Anonymous said...

Hi
free hot teen sex pic abby winters teen sex
tiny tit teen sex http://byronss.com.au/photos/images/smiles/temp/index.html --> big ass teen sex
teen sex quizzes teen sex centerfold l

 

Post a Comment

<< Home