Monday, October 23, 2006

Cerita Lebaran

Lebaran di Konjen Hamburg

Sama seperti di Indonesia, Idul Fitri di Hamburg juga ada 2 versi, hari Senin tanggal 23 dan hari Selasa tanggal 24 Oktober 2006. DIWAN Jerman (semacam MUI) menetapkan Idul Fitri hari Selasa, 24 Oktober 2006. Sementara itu Konjen dan IIC di Hamburg mengikuti rukyah London, yang menentukan lebaran hari Senin, 23 Oktober 2006. Saya sendiri sempat heran juga karena di Jerman sendiri punya DIWAN, kok ikutnya ke London ya.

Hmmm.. ya sudahlah.. Jadi konsulat mengadakan sholat Idul Fitri hari ini, Senin tanggal 23 Oktober 2006. Acara di konsulat diawali dengan takbiran bersama hingga pukul 9.00. Saya dan Bilah tiba pukul 8.15, suasana masih cukup sepi. Ternyata.. menjelang pukul 9.00 suasana ramai dan penuh. Bahkan ada beberapa orang tak sempat ikut sholat Id karena diluar pun gerimis membuat pelataran konsulat basah.

Setelah melakukan sholat Id, kami dapat menikmati cheese stick, kacang bawang, dan kue keju ditemani kopi dan teh dibawah tenda putih. Tentunya bertemu banyak orang Indonesia, membuat suasana riuh.. ramai. Anak-anak remaja berkumpul sesuai gang masing-masing hehe.. juga anak-anak kecilnya. Sementara di halaman belakang berkumpul beberapa orang dan keluarga untuk berfoto-foto bersama.

Siangnya jam 12.30 - 16.00 diadakan halal bihalal. Namun Bilah minta pulang..., jadi gak ada liputan tentang acara ini :D

>>><<<

Cerita Lebaran di rumah kami

Hari Minggu malam si Bilah tentu saja sudah senang besok lebaran. Mungkin yang bikin dia senang adalah bertemu dan bisa bermain bersama teman-teman Indonesia yang hanya pada hari-hari tertentu saja bisa bertemu atau...jarang sekali bisa bertemu. Hal yang membuat senang.. dia bisa menyelesaikan puasa, janji saya belikan Animal Crossing (mainan) kalau dia bisa puasa penuh. Tentu saja setelah membayar hutangnya 9 hari. Pokoknya besok lebaran. Minggu malam... jadilah saya masak lontong dan teman-temannya ini :D Fotonya kurang bagus, karena dipotretnya subuh, di dapur, lampu kurang terang, baterai kamera dah mau abis hehe... lengkap deh buramnya.

Nah sang bapak bilang... "lho kita khan ngikut DIWAN sejak awal puasa... berarti besok belum lebaran dong. Dari perhitungan posisi bulan juga harusnya belum lho". Nah... si Bilah ngebet Idul Fitri, besok sholat Id. Saya bilang..."yaa.. dah terlanjur bikin lontong".. hehe.. gak nyambung banget alasannya. Ya sudah akhirnya saya bawa Bilah sholat Id hari ini ke konsulat. Membiarkan dia merasakan suasana lebaran seperti di Indonesia. Sang bapak mengikuti Idul Fitri hari Selasa 24 Oktober 2006. Orang-orang jadi heran kan... nih suami istri kok beda? Hehehe... tapi kami gak berantem lho ... gak pakai bersitegang diskusi. Malahan pagi tadi mas Agus yang nganterin kami pagi-pagi ke Konsulat.

Siangnya saya telpon ke Bandung. Bapak dan keluarga kakak pertama saya mengikuti lebaran hari Selasa tanggal 24 Oktober. Karena anak kakak kedua juga sedang menginap di rumah kakeknya..., dia ikut lebaran hari selasa juga. Sementara ayahnya (kakak kedua saya) sudah berlebaran hari ini. Hehehe...

Jadi... beda boleh dong?

11 Comments:

At 3:43 AM, Anonymous Anonymous said...

Berbeda itu indah...;)
Selamat hari Raya idul Fitri Mbak Putri dan keluarga...

 
At 11:46 AM, Blogger liza said...

ternyata bukan cuma di tanah air yang beda ya mba.. :) smoga tahun-tahun berikutnya bisa lebih baik amin, kita yang awam ini kan jadi bingung.

slamet hari raya lagi ah hehe... bagi dong mba kacang bawang nya :D

 
At 12:48 PM, Blogger Ophi Nurwicaksono said...

selamat lebaraaannnn
maaf lahir bathiiinnnnnnnnnnnn

mbaaakkk, peyutku dah baik sekarang...
selasa kemaren mah meuni kaya udah ga kuaat..hiksss hehehe

 
At 1:24 PM, Anonymous Anonymous said...

mbak putri, selamat hari raya idul fitri 1427 H yah...

sempet ngintip lauk lebarannya.. wadooow, jadi laper lagiii... :D

 
At 1:38 PM, Blogger Yulia said...

Gak pa-pa beda2x ya put, yg penting kan ibadah jalan tulus mulus :)

 
At 1:11 AM, Blogger WayanLessy said...

Pengumuman ahhh...Masakan mbak Muti enakkkk...Opor, sambal goreng dan sayur rebung..belum lagi kue-kue keringnya yg juga enak...nyam nyam nyam..

hehehe mbak Muti...saya bikin account di sini juga lho..biar bequem kalo mau kasih komentar :P

 
At 4:00 AM, Anonymous Anonymous said...

Biarin telat juga :)... Selamat Lebaran ya Put :) asyik tuh halal bihalalnya :), jadi Bilah belon dapet neh hadiah lunas 9 hari puasa :) :)

 
At 6:09 AM, Anonymous Anonymous said...

seru juga lebaran disana ya mba... kebetulan disini lebarannya sama seperti di indonesia so ga kebingungan deh ;p

 
At 1:31 PM, Anonymous Anonymous said...

mmm....tak kira cuma di indonesia aja yg lebaran nya ada 2 versi gitu...ternyata di German juga yak....

OK deh, minal aidin walfaidzin yak (tealt gak ya ??)

 
At 2:07 PM, Anonymous Anonymous said...

sama seperti di rumah saya, beda lebarannya :) bapak ikut lebaran senin, tapi yang lain termasuk saya ikut selasa. masih getol puasa ;)

 
At 12:15 AM, Blogger indie said...

Perbedaan itu wajar dan ngga perlu dipermasalahkan sih. Pada prinsipnya kan akhirnya masnya makan lontong itu juga. Lho?
Mbak, selamat lebaran ya. Aku blom cobain jahit celana jeans itu pakai mesin jahit miniku, laporannya nanti ya....

(ine)

 

Post a Comment

<< Home