Friday, October 06, 2006

Cerita Ramadhan (4)

Alihkan Pandangan Mata

Memang menjalankan ibadah dibulan Ramadhan ini berat. Bukan lantaran tergoda ngiler lihat orang makan atau minum (di sini kan emang bukan negara muslim.. jadi yang makan dijalan ya banyak, yang jualan makanan juga banyak.. dah biasa), namun godaan lainnya, seperti nafsu ingin makan ini itu setelah buka nanti, nafsu marah, emosi, atau kesal. Namun ternyata ada godaan dalam bentuk yang lain yang saya alami hari ini. Gini ceritanya...

Tadi saya berangkat ke Institut udah agak siang, lebih siang dari biasanya, ya... belum jam 10 lah hehe... Naik S-Bahn seperti biasa, mau turun di Jungfernstieg. Saya duduk di dekat pintu dekat jendela. Sesampai di Hauptbahnhof (Central Station), satu halte sebelum tujuan saya, banyak orang turun dari kereta yang saya tumpangi itu.

Entah kenapa tadi saya ngliatin aja orang-orang yang lalu lalang. Salah satunya adalah sepasang 'kekasih' (mungkin) yang akan berpisah di Hauptbahnhof itu. Nah dari dalam kereta saya perhatikan mereka... Yang cewek sepertinya bule berambut pirang, sedangkan si cowok berwajah Asia (ntah orang Thailand, Philipina.. atau bahkan orang Indonesia hehe.. gak tahu). Eh mereka nih ciuman dekat kereta yang sedang berhenti. Rasanya.. melihat kekasih ciuman disini sudah biasa disini... ya jadi biasa aja melihatnya. Belum lagi gambar-gambar iklan yang aduhai.. Biasanya kami alihkan aja pandangan. Namun... ternyata mereka tuh gak ciuman biasa aja, tapi sampai... *hot* lah... (pedas ... pakai sambel kali hahaha...). Nah kelihatan jelas terlihat dari tempat saya duduk di pinggir jendela kaca dalam kereta. Bukannya jadi nafsu pengin lho hihi... cuma kepikiran lho kok yaa... di stasiun ciuman sampai gitu sih *dalam hati doang...*. Nah lucunya lagi... si cowoknya sambil nengok kiri kanan seakan takut kelihatan teman atau orang yang dikenalnya. Sampai... tatapan mata si cowok itu beradu pandang dengan mata saya... lho... dia makin salah tingkat tahu kalau diliatin orang :P Jadi aja dia buru-buru meninggalkan ceweknya dengan wajah yang sedikit merah. (Untung gak kenal ama saya gitu kali ya.... hihi...)

Akhirnya kereta jalan lagi... lho ...??? Ya Allah... saya kok baru sadar kalau saya itu puasa. Seharusnya kan saya mengalihkan pandangan ya. Kok saya juga lupa tentang godaan dari pandangan mata ini :( Deuh... benar-benar godaan dan tak disadari hadirnya hikss...

Karena itu, Rasulullah SAW sangat menekankan umatnya untuk menjaga pandangannya. Disabdakan, "Pandangan mata itu (laksana) anak panah beracun dari berbagai macam anak panah Iblis. Barangsiapa menahan pandangannya dari keindahan-keindahan wanita, maka Allah mewariskan kelezatan di dalam hatinya, yang akan dia dapatkan hingga hari ia bertemu dengan Tuhannya." (HR Ahmad).

Dari Swaramuslim.net tulisan ini membuat makin sedih ingat tadi pagi. Walaupun tidak sampai membangkitkan nafsu, namun ternyata saya lengah menjaga pandangan mata :( Ya Allah...ampunilah hambamu ini... semoga tidak pernah lagi terjadi. Kuatkan iman kami agar terhindar dari godaan-godaan. Amin.


*cerita hari ini yang penuh godaan yang munculnya tak disadari*

15 Comments:

At 2:44 AM, Anonymous Anonymous said...

Sama Mbak , aku juga sering ngeliat yg kayak gitu biasanya nggak sengaja or nggak sadar ? nggak tau ah , dan kadang - kadang anak-anakku juga ngeliat yg kayak gitu ..... tau sendiri lah mereka cekikikan walaupun masih kecil mereka semua tau kok , kalo yg kayak gitu itu taboe di tempat umum....beginilah tinggal di barat....

 
At 4:37 AM, Anonymous Anonymous said...

hmmm... kalo di kampung saya ada yg begitu bisa langsung diceburin ke sungai kali...

 
At 12:44 AM, Blogger si inot said...

oh mbak put... tadi kan gak sadar, berarti tadi itu rezeki.. kekekke.

kl aku kl lagi sendiri herannya kok otomatis mengalihkan pandangan mata kl ngeliat cowo cakep or adegan2 romantis. tp kl ada temennya, malah ngomentarin macem2 (malah dosa).

 
At 10:47 AM, Blogger Noenoe said...

seru mbak,....
btw mo siap-siap mudik nih,..lebaran di kampung, wow...

 
At 2:46 PM, Blogger penakayu said...

Met jaga pandangan

and salam kenal ya

salam
yon's revolta
flp purwokerto

 
At 2:48 PM, Blogger Ophi Nurwicaksono said...

Kenapa yah kalo ngeliat yang bule bermesraan gitu biasa aja, kalau ngeliat yang dari asia jadinya geuleuh hihihihi

:masih tertanam orang asia santun2:

 
At 7:36 PM, Blogger meyrinda said...

waduh, mudah2an jangan sampe virus "bebas ciumciumterutamapakesambelbiarhot"nya ga sampe indonesia deh ya mba?
seremmm..(tutup mata tapi ngintip, hihihi)

 
At 11:01 PM, Anonymous Anonymous said...

hihihih.... hayoh...jangan perut ajah yang puasa...mata juga... ternyata tidak mudah ya...sambelnya banyak gitu...sayang kalo nggak diliat ahahaha

 
At 4:57 AM, Anonymous Anonymous said...

Sabda Rasul itu berlaku nggak ya bagi wanita ? Pan, text-nya tertulis "... Barangsiapa menahan pandangannya dari keindahan-keindahan wanita, ..."

:B ;P :) ;) :kaburrrrrrrr:

 
At 10:10 AM, Anonymous Anonymous said...

hehe...suse ya Put tinggal di 'barat'? tapi tmn2ku yg cowo juga byk yg complain, di negeri kita cewe2 nya juga pada hot2 pakaiannya, itu menggoda cowo katanya...

Tes utk yg beriman kali ya....:D

 
At 1:57 PM, Blogger Bunda Raffee said...

emang iya teh yang susah tuh nahan pandangan. emang sih disini ga ada yang kaya gitu2 tapi hal2 lain yang bikin harus nahan pandangan tuh lumayan banyak juga

 
At 10:11 AM, Anonymous Anonymous said...

kedengerennya lebi berat ya, puasa di negeri non muslim.. Tapi siapa tau pahalanya juga berlipat ganda..??? hehehe..
Salam kenal :)

 
At 1:46 AM, Blogger Maeasti said...

Hummm kalo disini coz sbagian besar muslim so gagh seberat di jerman kali yah Mba....Tapi Insa Allah dehh pahalanya juga ikut berlipat, aminn aminnn

Kapan niyy Mba ngundang buka bareng whehehehhehe. Disini tiap hari hampir ada makanan gratis, namanya maidah rahmah (makanan kasih sayang) entah di masjid2 ato di jalan2 pake tenda. En kae gini udh jadi tradisi di mesir.

So.....mo plajar bokek kayak diriku ini, mo anak jalanan mo pengemis ato para musafirr gagh usah takut klaperann hihihihi, asiknyahhh

Dohh ko jadi crita........abisss kangenn euyyy. Met pwasa yahh Mbaa

 
At 4:18 AM, Anonymous Anonymous said...

aku kalo liat yg gitu2 suka otomatis langsung ngalihin pandangan mata mbak, pdhal dlm hati pengen banget ngeliatin hehe.... Ngalihin matanya juga bukan dalam rangka menjaga pandangan, tapi takut dipelototin yg lagi ciuman gitu...hehe

nug

 
At 3:32 AM, Blogger indie said...

Saya sih kalau liat adegan ciuman udah rada-rada mati rasa terutama kalau dua-duanya bule. Kalau yang satu atau dua-duanya Asia baru agak susah mengalihkan pandang. Siapa tau saya kenal, siapa tau orang Indonesia hehehe... gosippp.
Tapi di Indo juga sekarang sudah mulai banyak kok, apalagi di mall-mall. Coba deh perhatiin.
Yang saya masih belum biasa ngeliat orang yang makan pas Ramadhan. Kepikirannya masih kok makan dan minum sih kan bulan puasa. Baru setelah itu rada sadar. Oh, iya ini kan di Jerman pantesan aja orang makan dimana-mana pas bulan puasa.
(ine)

 

Post a Comment

<< Home